Akses Jalan Terbangun, Warga Kedung Kandri Brebes Bisa Olahraga Pagi


Realitakini.com-Brebes,

 Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, adalah sekaligus untuk mengurai keterisoliran puluhan tahun warga Dusun Kedung Kandri, Kalinusu.

Jalan yang membentang dari Dusun Karanganyar ke Kedung Kandri itu, kini juga dimanfaatkan oleh warga sebagai sarana lari pagi.

Rusmanto (54), salah satu warga Dusun Kedung Kandri RT/RW. 01 Kalinusu, menyatakan bahwa jalan hasil TMMD Reguler itu kini memperlancar membawa pupuk atau saat mengangkut hasil panen dari sawah/ladang nantinya.

“Jalan ini juga bisa dimanfaatkan warga untuk jalan-jalan pagi sambil menikmati suasana hamparan persawahan di kanan-kiri jalan yang baru selesai dibangun,” ungkapnya, Jumat (23/10/2020).

Seperti warga lainnya, Rusmanto juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan Satgas TMMD, dan seluruh pihak yang telah membantu mewujudkannya.

Perlu diketahui, warga Dusun Kedung Kandri sebelumnya harus menyeberangi Kali Pemali dengan sampan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah kecamatan tetangganya, yaitu Kecamatan Bantarkawung.

Mereka  juga membayar ongkos penyeberangan sebesar seribu rupiah untuk anak sekolah bolak-balik, Rp. 2 ribu per sepeda kayuh, dan Rp. 5 ribu untuk setiap satu sepeda motor. Sementara untuk ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, sampai akhirnya tiba di tujuan.

Namun kini, ke kantor desa hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan sepeda motor, sehingga tidak terisolir lagi jika Kali Pemali banjir. Diharapkan juga jalan itu akan memotivasi anak-anak sekolah untuk minimal lulus SLTA sederajat. (Rus/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post