Follow Us

header ads

Dampak TMMD Reguler Brebes Merembet ke Pembenahan Saluran Irigasi di Desa Sasaran


Realitakini.com-Brebes,

 Sejumlah infrastruktur yang dibangun kemarin oleh kodim 0713/ Brebes dalam gelaran TMMD Reguler 109 Brebes, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes Jawa Tengah, ternyata menjadi motivasi warga desa untuk memperbaiki sarana dan prasarana lainnya.

Kali ini warga memperbaiki saluran irigasi yang rencananya digunakan mengairi sawah di sekitar jalan baru yang dibuat oleh satgas tmmd. Seperti yang diketahui bahwa sebagian besar warga Kalinusu adalah berprofesi sebagai petani.

Dijelaskan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), adanya pembangunan yang sudah dikerjakan oleh TNI melalui TMMD maka pihak desa juga melakukan pembenahan saluran irigasi agar kebutuhan para petani akan kebutuhan air bisa tercukupi bersinergis dengan pembangunan jalan sebagai sarana transportasi.

“Diharapkan dengan adanya perbaikan irigasi tersebut maka tanaman petani tidak kekurangan air dan hasil panen meningkat,” jelasnya, Senin (26/10/2020).

Diketahui pada program TMMD kemarin, Satgas TMMD juga mengadakan berbagai penyuluhan pertanian, dimana membahas dan melakukan pelatihan tentang pembuatan pupuk, pemilihan bibit tanaman yang baik, peningkatan hasil produk tani dan juga pelatihan petani modern.

Selain itu, juga diberi pelatihan berupa sistem pengairan yang bagus, hal ini dimaksudkan agar para petani tahu betul cara pengairan padi yang bagus, pengairan sayuran yang baik sebagaimana dimaksudkan agar tidak gagal panen.

Dalam pembuatan irigasi ini warga juga bergotong-royong untuk menyelesaikan irigasi. Sistem gotong royong tersebut juga hasil dari didikan anggota satgas tentang arti persatuan salah satunya menghasilkan budaya gotong-royong. (Rus)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom