Follow Us

header ads

Para Petani Kalinusu Brebes Yang Menatap Masa Depan Cerah Berkat Jalan TMMD Reguler


Realitakini.com-Brebes,

 Mereka para petani di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mulai menatap masa depan yang cerah dengan telah selesainya jalan yang dibangun TNI melalui gelaran  TMMD  Reguler 109 Kodim 0713/Brebes.

 “Selama ini kami kesulitan saat akan beraktivitas di sawah atau tegalan. Penyebabnya satu, yakni akses jalan yang kurang memadai. Kini sudah tidak akan lagi, dan kami menatap masa depan yang lebih cerah, lantara jalan ke sawah sudah bagus,’’ ungkap Munawaroh (37), Senin (26/10/2020).

Dijelaskannya, sebelum jalan dibangun TNI, lantaran gantungan hidupnya dari sawah atau tegalan, sejumlah petani ada yang nekad menggarap lahan untuk ditanami jagung.

 ''Dan kami para petani di Desa Kalinusu memang menaruh harapan besar terhadap pembangunan jalan yang saat ini sudah selesai dibangun. Jalan hasil karya TMMD ini yang akan melancarkan aktivitasnya kami para petani di Kalinusu sehingga akan menuju kesejahteraan,'' terangnya.

Terpisah  Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44) mengatakan, luas lahan pertanian di desanya cukup dominan. Mayoritas penduduknya adalah petani, dan kini dengan telah selesainya pembangunan jalan oleh TNI, tentu akan mempermudah aktivitas warganya dan menuju ke lahan pertanian. 

 Lebih lanjut dikemukakan Kades Wasid, selama ini disaat musim kemarau dapat dipastikan banyak warganya yang menelantarkan sawah mereka karena kesulitan air.

 Semenjak Bendungan Notog sebagai sumber utama air dari Kali Pemali, jebol tahun 2017 silam, dapat dikatakan sawah yang ada di Kalinusu adalah sawah tadah hujan.

''Mudah-mudahan pembukaan jalan yang saat ini masih dalam proses itu lancar tidak ada kendala. Karena memang sangat dibutuhkan warganya untuk meningkatkan taraf hidupnya,'' harapnya. (Dar)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom