Danrem 071 Wijayakusuma Apresiasi Demplot Koramil Bumiayu Brebes


Realitakini.com-Brebes, Mampir ke Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Danrem 071 Wijayakusuma, Kolonel Infanteri Dwi Lagan Safrudin, S.I.P, melihat langsung Demplot (Demonstrasi Plot) tanaman cabe, sawi, terong, dan ketimun milik Koramil 08 Bumiayu, Kodim 0713 Brebes, yang ditanam dan dirawat oleh Koptu Romdon Eko Wahyudi.

Danrem menyatakan bangga dan mengapresiasi atas terobosan para Babinsanya untuk memotivasi dan memberdayakan masyarakat di sekitar Koramil bercocok tanam dalam upaya pemenuhan gizi keluarga, terlebih disaat mahalnya kebutuhan pokok terkait pandemi covid.

Sementara dijelaskan Danramil Bumiayu, Kapten Armed Jupriadi, pembuatan demplot diharapkan dapat membuat warga di sekitar Koramil tertarik untuk mencoba apa yang dicontohkan.

“Kita mencoba memanfaatkan lahan sempit di sekitar Koramil Bumiayu, agar dicontoh warga setempat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam tanaman sayur mayur,” ungkapnya, Sabtu (24/10/2020).

Dijelaskannya juga, karena sasarannya adalah warga yang tinggal di pemukiman maka praktik demplot harus berhasil, yang artinya memberikan hasil panen yang baik seperti cara budidaya di lahan sawah atau kebun.

Sedangkan menurut Koptu Romdon, mantan anggota Satgas TMMD Reguler 109 Brebes, yang di akhir bulan September 2020 lalu melakukan tanam cabe di lokasi TMMD Reguler, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, di Dusun Beji RT. 05 RW. 01, bersama para pemuda Karang Taruna Garda Sakti Kulinusu.

“Saya sebelumnya juga melakukan penanaman cabe dengan metode mulsa plastik untuk meminimalisir gulma, bersama pemuda karang taruna Kalinusu,” bebernya.

Ditambahkannya, apa yang dilakukannya adalah sesuai dengan job Babinsa dalam mendorong para petani bercocok tanam untuk menjaga ketahanan pangan khususnya di wilayah Kecamatan Bumiayu, dan Kabupaten Brebes umumnya. (Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post