Follow Us

header ads

Ibu-ibu UMKM Bumiayu Brebes Juga Abadikan Kunjungannya ke Prasasti TMMD Reguler


Realitakini.com-Brebes,

 Tugu monumental TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, yang berdiri kokoh di titik 800 meter jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter hasil TMMD itu, di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus menjadi daya tarik bagi para pelintas jalan TMMD itu.

Tampak ibu-ibu UMKM Brilian Kecamatan Bumiayu, juga mengabadikan momen kunjungannya selepas melaksanakan pembinaan ke Dusun Kedung Kandri, Desa Kalinusu. Minggu (25/10/2020).

Disampaikan Nur Faritoh, Ketua UMKM Brilian Bumiayu, bahwa bangunan eksotis yang disebut masyarakat Kedung Kandri dengan sebutan segitiga emas itu, adalah perlambang anugerah adanya jalan TMMD yang telah membebaskan dusun itu dari keterisoliran selama 75 tahun.

“Walaupun tidak ada warna gold sama sekali namun memang pantas jika prasasti TMMD ini disebut demikian,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan tugu yang berada di jalan penghubung antara Dusun Karanganyar ke Kedung Kandri itu, telah menjadi sebuah ikon baru di Desa Kalinusu, yang menarik perhatian sebagai spot baru berfoto di jalan TMMD tersebut.

Sementara disampaikan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), dari prasasti itu, Pemkab Brebes di tahun depan merencanakan akan melanjutkan pembukaan jalan sepanjang 4-5 meter untuk menembus Dusun Maribaya, Desa Kalinusu, yang saat ini menjadi satu-satunya dusun yang terisolir dari 12 dusun lainnya di Kalinusu.

“Masih ada setidaknya 150 kepala keluarga di Dusun Maribaya, Desa Kalinusu, yang terisolir jarak tempuh 18 kilometer dalam waktu 1 jam 15 menit, dimana mereka harus memutar arah melewati beberapa desa di wilayah Kecamatan Tonjong, selanjutnya ke wilayah Kecamatan Bumiayu, dan akhirnya sampai ke Kalinusu,” bebernya.

Untuk itulah, Wasid mewakili seluruh warganya mengucapkan terima kasih atas gebrakan Pemkab bersama TNI yang sudah memulai pemerataan pembangunan di wilayahnya, sehingga kini tinggal satu desa lagi yang masih terpisah dari Kalinusu.

Pasalnya, jika jalan tembus ke Maribaya terealisasi, maka warga disana hanya memerlukan waktu 15-20 menit saja untuk sampai ke desanya Kalinusu, melalui jalan baru yang direncanakan akan dibuka dan selanjutnya melewati jalan TMMD itu.

Sebagai informasi, Desa Kalinusu adalah desa terluas di wilayah Kecamatan Bumiayu, dengan letak geografis di perbukitan sehingga wajar jika sebelumnya ada dua dusun yang terisolasi dari desanya. Dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan tersebut, secara otomatis tinggal Dusun Maribaya saja yang kini terpisah dari Kalinusu. (Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom