Jalan TMMD Reguler Brebes, Harapan Baru Bagi Syamsul si Pedagang Roti Keliling


Realitakini.com-Brebes,

 Bagi Syamsul (46), pedagang roti keliling asal Dusun Petahanan RT. 03 RW. 02, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dengan selesainya jalan yang dibangun dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri, Kalinusu, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, adalah harapan baru bagi kesejahteraan ekonomi keluarganya.

“Dengan dibangunnya jalan tembus ke Dusun Kedung Kandri, kini saya mudah sekali untuk berjualan kue keliling sampai ke sana. Selain itu, jalan itu jelas akan meningkatkan kesejahteraan para petani di desa kami karena ongkos pengangkutan kegiatan pertanian jadi lebih murah,” ucapnya, Senin (26/10/2020).

Syamsul menceritakan kondisi sebelumnya, karena tidak adanya akses jalan maka dirinya kesulitan dan memang tidak bisa berjualan hingga ke Kedung Kanri walaupun musim kemarau.

Kini dengan adanya akses jalan itu, masyarakat Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu untuk mendapatkan berbagai fasilitas pelayanan di wilayah desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung, karena mereka bisa mendapatkannya di desanya Kalinusu dengan langsung melewati jalan TMMD dalam waktu 5 menit menggunakan sepeda motor.

Untuk itulah dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda, TNI, serta seluruh pihak yang telah mewujudkan harapan warga Dusun Kedung Kandri. Sehingga mereka akan secepatnya sejahtera perekonomian, kesehatan, dan juga anak-anak lebih bersemangat lulus sampai ke bangku SLTA sederajat.

Sama seperti warga lainnya, Syamsul berharap, dengan telah selesainya jalan yang dibangun TNI melalui TMMD, pemerintah daerah bisa melanjutkan program pembangunan jalan lagi hingga tembus ke Dusun Maribaya. Yaitu, dari titik 800 meter jalan TMMD Reguler, ke utara sepanjang 4-5 kilometer dengan membelah sejumlah perbukitan.

Pasalnya, sampai saat ini, warga Dusun Maribaya, Kalinusu, jika akan ke kantor balai desa, harus memutar arah melewati sejumlah desa di wilayah Kecamatan Tonjong, selanjutnya ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya tiba di Balai Desa Kalinusu, dalam waktu 1 jam 15 menit lebih, dalam jarak tempuh 18 kilometer. (Dar/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post