Follow Us

header ads

Salut Dengan Sistem TMMD Reguler Saat Membangun Infrastruktur di Kalinusu Brebes

 


Realitakini.com-Brebes,

 Adalah Sohibi (52), warga Dusun Beji, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah, menyatakan bahwa jalan baru sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter buah karya TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes, telah membawa manfaat besar bagi dirinya dan para petani lain di desanya maupun di desa/kecamatan tetangganya, Bantarkawung.

Ia menyatakan kagum dengan cara kerja TNI Satgas TMMD Reguler, saat masih membangun infrastruktur di desanya itu, termasuk juga membangun sarana penunjang jalan yaitu talud di kanan-kiri jalan, 3 plat duiker, serta sebuah gorong-gorong.

“Jika selama ini ada komentar bahwa proyek yang dikerjakan melalui TMMD asal-asalan, itu tidak benar sama sekali. Justru yang dilakukan TNI di desa saya kebalikannya, yaitu sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan dinas terkait,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Dicontohkannya, dalam membangun talud yang merupakan sasaran pokok TMMD itu, semua dikerjakan sesuai rancang bangun dari Dinas PU Kabupaten, dan melibatkan sejumlah tukang professional, sehingga hasilnya maksimal.

“Saya juga mengamati sendiri bagaimana para TNI Satgas merehab 5 unit rumah tidak layak huni milik warga Kalinusu. Rangka atap, kusen pintu maupun jendela yang sudah lapuk, diganti dengan yang baru,” tandasnya.

Dikatakannya juga, dengan ikut dilibatkannya puluhan masyarakat setiap harinya dalam pembangunan akses tersebut, maka masyarakat sini lebih mengerti. Mereka akan maksimal membantu karena yang dibangun adalah kepunyaan sendiri.

Sohibi juga mengaku bahwa saat ini tanaman jagungnya baru berumur 1 bulan, dan merasa bersyukur karena pada masa panen nanti bisa mengangkutnya langsung dengan sepeda motornya melalui jalan TMMD itu.

“Masa panen ketiga tahun ini, nanti warga Kalinusu dan desa tetangga bisa membawa kendaraan sendiri-sendiri, baik mobil maupun sepeda motor untuk mengangkut hasil panen padi maupun jagung. Alhamdulillah saya juga merasakan manfaat jalan baru ini,” pungkasnya.

Tak lupa dirinya juga mengapresiasi adanya penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, dan juga pelatihan pertanian yang dilaksanakan di kegiatan non fisik TMMD, seperti pembuatan pupuk organik, cara memberantas hama penyakit, pengolahan pakan ternak, tata cara tanam padi jajar legowo, dan juga pengobatan ternak dari Dinas Peternakan Kabupaten Brebes. (Rus/Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom