Follow Us

header ads

Kini Jalan TMMD Reguler Brebes Itu Terbukti Multi Fungsi


Realitakini.com-Brebes,

 Menurut Yoyo (40), warga Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang sehari-harinya sebagai pedagang mie ayam dan bakso itu, penetapan pembangunan jalan tembus di desanya dari Dusun Karanganyar ke Dusun Kedung Kandri sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter itu, sangat tepat karena asas manfaatnya begitu dahsyat multiguna.

“Saya selaku rakyat kecil mengapresiasi Pemkab Brebes dan TNI, karena memilih pembangunan jalan tembus ke Dusun Kedung Kandri, sehingga saudara kami di sana terbebas dari keterisoliran selama ini,” ujarnya, Sabtu (24/10/2020).

Kini setelah jalan jadi, selain sebagai akses utama warga Dusun Kedung Kandri untuk mendapatkan berbagai pelayanan di desanya, bagi warga di desanya secara umum dan mayoritas sebagai petani dan buruh tani, jalan itu kini menjadi Jalan Usaha Tani karena memudahkan aktivitas tani dan juga memangkas biaya angkut panen dan pengolahan lahan.

“Adanya akses jalan baru TMMD itu akan segera membuka peluang untuk perkembangan pemukiman warga di Kalinusu,” sambungnya.

Termasuk juga membuka pengelolaan tanah kas desa (bengkok) gabungan dari 5 desa seluas 35 hektar yang ada di wilayah Kalinusu, yaitu tepatnya di titik 800-1200 jalan TMMD.

Dibenarkan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), pihaknya sendiri sudah merencanakan bersama 5 Bumdes (Desa Kalinusu, Kalilangkap, Kalisumur, Pamijen, dan Kaliwadas) untuk mengelola tanah bengkok itu, untuk pertanian terpadu, bumi perkemahan, tempat pembuangan sampah akhir, route offroad dan pertanian terpadu.

“Selama ini tanah kas lima desa itu tidak tersentuh akses jalan yang memadai sehingga hasil pertanian tidak maksimal,” terangnya.

Untuk itulah dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan TNI atas jalan TMMD Reguler yang telah selesai, karena dengan luas lahan pertanian yang dominan di desanya dan tanah bengkok seluas 8 hektar milik Pemdes Kalinusu sendiri, aktivitas pertanian warganya benar-benar lancar.

Selain itu ditambahkannya, banyak juga warganya yang bermata pencaharian sebagai peternak ruminansia, tentu sangat terbantu dengan untuk mencari hijauan pakan ternaknya. (Dar/Aan)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom