Follow Us

header ads

Nenek Tertua di Kalinusu Brebes Bangga Adanya TMMD Reguler


Realitakini.com-Brebes,

 Program pembangunan infrastruktur umum di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, berupa jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri yang sebelumnya terisolasi dari desanya itu, seakan menjawab mimpi masyarakat tersebut menjadi kenyataan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mbah Sani atau Rani (100), ternyata umurnya 102 tahun. Di usia tersebut jelas dirinya tahu betul kondisi jalan sebelum dibangun melalui TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes.

Dituturkan warga Dusun Karanganyar RT. 02 RW. 01, Kalinusu dengan ucapan yang masih jelas, bahwa jalan itu kini telah membebaskan 100 kepala keluarga di Dusun Kedung Kandri dari keterisoliran selama 75 tahun. Mereka harus menyeberangi Kali Pemali dengan perahu untuk mendapatkan fasilitas pendidikan, kesehatan, dan ke pasar terdekat yang ada di wilayah Kecamatan Bantarkawung, dengan membayar ongkos penyeberangan sebesar seribu rupiah per kepala, Rp. 2 ribu/sepeda kayuh dan Rp. 5 ribu/unit sepeda motor.

Begitu juga jika akan ke Kantor Balai Desa Kalinusu, setelah menyeberang perahu, mereka harus melanjutkan perjalanan darat selama 45 menit lebih (8 kilometer lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai.

“Dulu, sebagian jalan itu hanyalah jalan setapak, pematang sawah, dan sawah. Untuk menggarap sawah di Kedung Kandri, saya harus berjalan kaki menyeberangi 4 sungai kecil yang sekarang sudah ada jembatan (3 plat duiker dan sebuah gorong-gorong - red),” bebernya mengenang, Rabu (7/10/2020).

Nenek satu abad itu juga membenarkan bahwa jika Kali Pemali banjir selama beberapa hari, selama itu juga warga disana benar-benar terisolasi dan tak bisa kemana-mana, termasuk anak sekolah.

“Kini angkut hasil panen menjadi mudah dan murah ongkosnya,” imbuhnya.

Mbah Sani menyatakan bangga dan terharu kepada Pelda Ujang, Ketua Publikasi TMMD Reguler 109 Brebes, karena masih dapat menikmati jalan itu di usia senjanya itu. (Rus/Aan/Red)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom