Rresmikan Islamic Center, Bupati Pasaman Membuka MTQ Ke 48 Tingkat Kabupaten Pasaman

Realitakini.com - Pasaman 

Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 48 tingkat Kabupaten Pasaman Tahun 2020, sekaligus peresmian Pasaman Islamic center yang berlangsung di Islamic Center Lubuk Sikaping, Kamis (08/10/2020)

Hadir, acara tersebut  Forkompinda, Sekretaris Daerah Drs.H.Mara Ondak, Staf Ahli bupati Pasaman, Asisten, kepala OPD, kepala Bagian, Camat dan Wali Nagari se kabupaten Pasaman, kepala kementerian Agama kabupaten Pasaman, kepala instansi vertikal/BUMN/BUMD se kabupaten Pasaman, ketua tim penggerak PKK, ketua GOW, ketua Dharma wanita kabupaten Pasaman, ketua MUI, ketua Baznas, Ormas se kabupaten Pasaman, Dewan Hakim, Oficial, Panitia pelaksana, Para kafilah kecamatan se kabupaten  Pasaman dan Jurnalis.

Pada MTQ ke 48 tingkat kabupaten Pasaman mengambil tema " Melalui MTQ Mari kita Satukan Langkah Untuk Membangun Generasi Qur'ani Menuju Masyarakat Pasaman Yang Sejahtera Agamis dan Berbudaya" dan mengusung semboyan 4 sukses yakni Sukses Penyelenggaraan, Sukses Partisipasi, Sukses prestasi dan Sukses Implementasi.

Dalam sambutannya panitia pelaksana MTQ tingkat Kabupaten Pasaman Nina Darmayanti memaparkan dasar pelaksanaan keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/51/BUP-PAS/2020 tentang penunjukan kecamatan Lubuk Sikaping sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke 48 tingkat kabupaten Pasaman tahun 2020 dan keputusan Bupati Pasaman nomor 188.45/587/BUP-PAS/2020 tentang Membentuk Panitia pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQ) ke 48 tingkat kabupaten Pasaman tahun 2020 di kecamatan Lubuk Sikaping tahun 2020.

Ia menambahkan adapun tujuan pelaksanaan MTQ ke 48 tingkat kabupaten Pasaman memasyarakatkan Qur'an melalui peningkatan pemahaman,pendalaman dan pengamalan isi kandungan Al Qur'an. Mengaktualisasikan falsafah adat basandi sarak, Sarak basandikan kitabullah dalam kehidupan sehari hari. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah swt dimasa Covid 19. Meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui jalinan baca Al Qur'an pada MTQ ke 48 tingkat kabupaten Pasaman.

Adapun yang dilombakan dan tempat pelaksanaannya adalah Qiraat Sab'ah dan Tilawah Dewasa di Pasaman Islamic Center, Tahfidz 1 dan 5 juz Tilawah di Masjid Al Ikhlas Panapa, Tahfidz 1 dan 5 juz non Tilawah di Masjid Raya Panapa Durian Tinggi, Tartil Menengah dan Umum di Masjid Raya Koto Randah, Tartil Dasar dan Tilawah kanak kanak di Masjid Ath Tharah kodim 0305/Pasaman, Tilawah Anak anak dan Tilawah Remaja di Masjid Raya Tanjung Beringin, Khutbah Jumat di Masjid Baiturahmah Sei Pandahan, Kitab Standar di Aula SD 05 Pauh, Musabaqah Fahmil Qur'an di MTSN 1 Pasaman, Khatil Qur'an ( kaligrafi) di  SMA Negeri 2 Lubuk Sikaping, Tafsir Bahasa Indonesia di Masjid Taqwa Jambak, Musabaqah Syarhil Quran di Aula kantor camat Lubuk Sikaping, Musabaqah Makalah Ilmu Quran (MMIQ) di STAI Lubuk Sikaping.

Sementara itu Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis dalam sambutannya  menyampaikan  Musabaqah Tilawatil Quran merupakan media dakwah dan syiar keagamaan dalam rangka meningkatkan motivasi masyarakat untuk mempelajari dan memahami nilai nilai Al Qur'an.

Dalam Rangkaian acara ini juga kita mengabadikan momentum peresmian Pasaman Isamic Center yang akan menjadi icon kabupaten Pasaman sebagai tempat membangun ilmu Al Qur'an dan pelatihan ilmu Agama.

Pembangunan Pasaman Islamic Center ini adalah wujud nyata dari pelaksanaan misi Pemerintah kabupaten Pasaman. Dan ini adalah mimpi masyarakat kabupaten Pasaman yang telah menjadi kenyataan.

Diakhir sambutannya Bupati Pasaman mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba kepada para kafilah se kabupaten Pasaman di kecamatan Lubuk Sikaping. Utarakan niat yang tulus dan Ikhlas untuk mempelajari nilai nilai Al Qur'an dan nilai nilai Agama, tetaplah berjiwa sportif.

Diakhir acara ketua LPTQ kabupaten Pasaman Drs H.Mara Ondak melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 48 tingkat kabupaten Pasaman.(Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post