Satgas TMMD Ajari Warga Daur Limbah Plastik Jadi Kerajinan

 




KENDAL  - Di sela-sela tugas pembangunan fisik pada gelaran  TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kendal, banyak hal-hal positif yang dilakukan TNI Satgas kepada warga desa sasaran.

Seperti yang dilakukan TNI  anggota Satgas TMMD,  Sertu Sutrisno, yang  mengajarkan emak-emak di Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung untuk mendaur ulang limbah plastik menjadi kerajinan tangan yang mempunyai nilai jual.

Dia berharap, melalui kegiatan non fisik TMMD itu, yakni mendaur ulang limbah plastik menjadi kerajinan,  akan mendorong warga untuk  lebih   kreatif, ''sekaligus dengan mendaur ulang limbah plastik itu akan bisa  mengurangi limbah plastik di desa sasaran TMMD,'' terangnya.  

Menurutnya,  di TMMD Sendang Kulon, selain program fisik berupa pengecoran jalan, rehab  pos kamling, renovasi rumah,  juga dilaksanakan program nonfisik.  ''Salah satunya memberi pelatihan bagaimana  mengolah   limbah plastik yang mudah ditemukan di daerah tersebut untuk menjadi kerajinan yang mempunyai nilai jual,''  tutur Sertu, Sutrisno.  

Di pelatihan tersebut,  Sertu Sutrisno mempraktekan bagaimana mengolah  limbah plastik  menjadi hiasan rumah, seperti bunga dan lainnya.  '' Bila diseriusi, hasil kerajinan tangan dari limbah plastik ini  bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.''

NY.  Puput (35)  Sri (33) dan Giono (45), yang  dibekali pengetahuan kerajinan tangan dari limbah plastik itu menyatakan, akan mengajak teman-teman di lingkungan sekitar untuk mengolah limbah plastik menjadi kerajinan tangan. ''Saya melihat hasilnya mempunyai nilai   ekonomis bila diseriusi dengan baik,''  papar  Ny.  Puput. (Pendim 0715/Kendal)

Post a Comment

Previous Post Next Post