Warga Dusun Glempang Penasaran Dengan Jalan Hasil TMMD Reguler Brebes


Realitakini.com-Brebes,

 Sekelompok ibu-ibu asal Dusun Glempang RT. 03 RW. 06, Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sengaja menyewa pick up untuk menyusuri jalan hasil TMMD Reguler 109 Brebes, sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, dari Dusun Karanganyar menuju ke Dusun Kedung Kandri. Jumat (23/10/2020).

Turyati (52), salah satu ibu menyatakan, bahwa kedatangannya karena rasa penasarannya ingin melihat hasil pembangunan untuk membebaskan Dusun Kedung Kandri dari keterisoliran selama 75 tahun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab dan TNI, serta seluruh pihak yang telah membantu pembuatan jalan baru ini, sehingga kerabat kami di Kedung Kandri bisa secepatnya merasakan fasilitas pendidikan dan kesehatan, sama dengan warga dusun lainnya di wilayah desa kami,” ungkapnya.

Selain itu, mereka berharap lebih karena jalan sudah jadi, yaitu pertanian di kanan kiri jalan TMMD itu akan menjadi lebih ramai didatangi para pengepul gabah, karena Desa Kalinusu adalah desa terluas di Kecamatan Bumiayu yang mayoritas penduduknya adalah petani dan buruh tani.

“Semoga kedepan desa kami akan lebih maju dan sejahtera para petaninya, karena desa kami termasuk lumbung padi di Kabupaten Brebes,” imbuhnya.

Tak lupa Turyati berharap agar Pemkab Brebes segera merealisasikan pembangunan jalan tembus dari titik 800 meter jalan TMMD, menuju ke Dusun Maribaya, Kalinusu sepanjang 4-5 meter, yang kini menjadi satu-satunya dusun di Kalinusu yang terisolir.

Untuk diketahui, dengan jalan TMMD itu kini warga Dusun Kedung Kandri tidak lagi harus menyeberangi Kali Pemali dengan naik perahu jika ingin beraktifitas sehari-hari, baik itu ke pasar, sekolah, ke fasilitas kesehatan terdekat, dimana sebelumnya mereka dapatkan di desa/kecamatan tetangganya yaitu Bantarkawung.

Sementara untuk ke Kantor Desa Kalinusu, setelah menyebrang rakit dengan membayar ongkos penyeberangan, mereka harus melanjutkan perjalanan darat sejauh 13 kilometer lebih (45 menit lebih), dengan melewati sejumlah desa di wilayah kecamatan tetangganya itu, kemudian ke wilayah Kecamatan Bumiayu, hingga akhirnya sampai tujuan. (Dar/Aan)

Post a Comment

Previous Post Next Post