Pembangunan Infrastruktur Jalan Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kabupaten Pasaman

  Yusuf Lubis Bupati Pasaman 
Realitakini.com -Pasaman
Pembangunan infrastruktur terus dikebut oleh Pemerintah Kabupaten Pasaman, lewat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, terutama fokus pada konektifitas infrastruktur dan jalan strategis ke kabupaten tetangga.Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis menjelaskan selain untuk pemerataan, konektivitas, pembangu nan infrastruktur ini untuk mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat, ujar Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis   diruang kerjanya Jumat (6/11/2020  
Dinas Pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Pasaman
Pembangunan infrastruktur adalah proyek strategis, memang hasilnya tidak segera terasa dalam 1-2 tahun, namun memberi landasan kokoh bagi perputaran lalu-lintas barang dan jasa serta memberi kemudahan dalam berusaha. Pemerintah daerah Pasaman tidak pernah abai terhadap masyarakatnya. Pemerintah selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat,tuturnya "Pemerintah daerah serius mengatasi masalah ketimpangan, khususnya di daerah terisolir. Pemerintah tidak pernah berhenti memikirkan rakyatnya,ungkap Yusuf Lubis. 
 Ruas Jalan Rao Gunung Manahan - Padang Lawas
Sementara itu Kepala Dinas DPUTR  melalui Kabid Bina Marga Khairul Amri, ST menyampaikan menyasar pembangunan sejumlah infrastruktur di daerah itu, seperti pembangunan jalan, jembatan  drainase, trotoar Untuk tahun 2019, Dinas PUTR fokus pada empat item kegiatan, sebagaimana tercantum dalam RPJMD tahun 2016-2021, program konektivitas antar kabupaten tetangga. Seperti, pembangunan jalan Rao, Gunung Manahan dengan Kabupaten Padang Lawas, jalan Simpang Dingin, Duokoto dengan Simpang Banyak, Kabupaten Madina, Sumut serta jalan Bonjol tembus Suliki, 50 Kota. 
 Ruas Jalan Rao Gunung Manahan -- Padang Lawas
"Untuk Rao-Padang Lawas, pada tahun anggaran 2019 kita menganggarkan kegiatan dengan pagu dana sebesar Rp10 miliar target penanganannya sepanjang 16 Km dan Pada tahun anggaran 2020 dilanjutkan pembangunan jalan Simpang Dingin-Simpang Banyak kecamatan Ulu Pungkut Kabupaten Mandina Rp1 miliar dengan target penangan sepanjang 7 Km. Sementara jalan Bonjol-Suliki masih tahap survei dan persiapan.  Sementara Pada tahun anggaran 2020 dilanjutkan pelebaran Jalan Ruas Jalan Rao Gunung Manahan sepanjang 8 Km dengan pagu dana 3 M.Pada 2019 , kata dia, pihaknya sudah mengerjakan peningkatan jalan ( Hotmix) ruas jalan Rao-Gunung Manahan, sepanjang 8,5 Kilometer, dengan pagu dana mencapai Rp11,2 miliar.
Ruas Jalan Simpang Dingin -- Simpang Banyak Kabupaten Madina

"Untuk sampai ke perbatasan dengan Kabupaten Padang Lawas, Pada tahun 2021 kita akan mengusul kan peningkatan jalan  sepanjang 16 Untuk sampai ke kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara, tuturnyaUntuk ruas jalan strategis ,(jalan alternatif) menuju Ibu kota propinsi dari kabupaten Pasaman dilakukan peningkatan jalan Watas Simpang kecamatan Simpati, yang tahun ini sedang dilaksanakan peningkatan nya target panjang 3,5 km dengan pagu dana 1,2 MKonektivitas akan memudahkan kegiatan orang dan barang antar daerah bertetangga, untuk meluncurkan kegiatan dan pemerataan ekonomi sehingga meningkatkan efisiensi dan kelancaran arus barang dan jasa antar daerah.

Ruas Jalan Abam Sibintaian
"Dengan adanya konektivitas, harga barang menjadi relatif sama, wilayah yang relatif tertinggal dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya sehingga kesenjangan dapat dikurangi. Ini yang menjadi salah satu tujuan pembangunan konektivitas antar kabupaten," tutupnya.(Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post