Pemkab Pasaman dan KPU Berikan Pembekalan Petugas Keamanan TPS

Realitakini.com --- Pasaman
Pembekalan terhadap petugas ketertiban keamanan TPS se Kecamatan Simpati  yang akan mengamankan pelaksanaan Pemilihan kepala Daerah 9 Desember 2020  di berikan pembekalan oleh Pemerintah Daerah kabupaten Pasaman melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Pasaman bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman di Kecamatan Simpati, Jumat (13/11/2020

Untuk Pembekalan petugas ketertiban keamanan TPS kali ini berbeda dengan lima tahun sebelumnya dimana dilaksanakan serentak di halaman kantor Bupati.Namun, karena dampak Covid-19, pembekalan terhadap petugas Ketertiban TPS dilaksanakan pada setiap kecamatan.

Petugas ketertiban yang akan ditempatkan di setiap TPS dalam Pilkada nanti, sebelumnya diberikan bekal dalam melaksanakan tugas di lapangan sebagai garda terdepan dalam menjaga kondusifitas keamanan wilayah membantu Babinkantibmas dan Babinsa, ujar Kasatpol PP dan Damkar Pasaman, Aan Afrinaldi kepada media Realitakini, Jumat sore (13/11/2020)

Dalam pembekalan ini, kata Aan juga bisa sekaligus mencek kesiapan personil Petugas Ketertiban TPS untuk menghadapi Pilkada 2020 nanti. Petugas Ketertiban TPS bisa berperan aktif dalam menjaga keamanan ketertiban di masyarakat,” kata Aan Afrinaldi.

Selain itu, kata Aan Afrinaldi, Pilkada yang akan digelar dalam kondisi pandemi Covid-19 sehingga dibutuhkan kerja keras dan ekstra dalam penanganannya, dan selain menjaga keamanan ketertiban lingkungan, Petugas Ketertiban TPS juga wajib memberikan arahan kepada masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan,” tuturnya.

Agenda Pilkada akan digelar serentak pada 9 Desember 2020 nanti, tidak seperti yang sudah-sudah,sehingga dibutuhkan pemaham an aturan yang akan dijalankan. Guna mencegah penyebaran Covid-19 dan bisa membatasi kerumunan masyarakat dan jumlah jumlah Petugas Ketertiban TPS yang direkrut oleh nagari se-Pasaman berjumlah 1.414 petugas, ungkapnya.

Diakhir wawancara  Aan Afrinaldi menambahkan mereka semua ditugaskan di 707 TPS, tersebar di 37 nagari yang ada di 12 Kecamatan di daerah ini. Dalam pembekalan ini, kita memberikan suatu pemahaman tentang bagaimana sikap dan tindakan Petugas Ketertiban TPS di lapangan, untuk bisa menghimbau masyarakat, agar bisa mengikuti protokol kesehatan yang sudah dianjurkan Pemerintah, terutama menjaga keamanan Pilkada nanti, sehingga bisa berjalan aman damai dan kondusif serta sesuai protokol kesehatan dijalankan,” tutup Aan Afrinaldi.( Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post