Follow Us

header ads

Pemprov Sumbar Jadikan Pariwasata Program Unggulan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Lembah Harau 
Realitakini.com- Padang 
Keberhasilan Sumbar di Bidang Pariwisata
Keberhasilan pemerintah Sumatera Barat dalam  meningkatkan parawisata  di sumatera Barat dapat di lihat  dari catatan yang dihimpun dari Dinas Pariwisata setempat jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat pada 2018 diperkirakan mencapai 8,1 juta jiwa atau mengalami penambahan tipis dari target 8 juta orang.

Terliahat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah itu per Agustus 2019 mengalami peningkatan 9,84% dibandingkan bulan sebelumnya. hal ini hasil dari cacatan BPS Provinsi Sumbar Jumlah kunjungan wisman yang masuk Sumbar melalui pintu Bandara Internasional Minangkabau (BIM) dan Pelabuhan Teluk Bayur mencapai 5.602 orang. Jumlah itu meningkat cukup signifikan atau mencapai 9,84 persen dari bulan sebelumnya, yang tercatat hanya sebanyak 5.100 orang.

Kontribusi kunjungan wisman Sumbar terhadap total kunjungan wisman ke dalam negeri memang ter golong kecil atau hanya 0,37 persen dari total kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 1,5 persen wisatawan. Namun, pintu Sumbar memang bukanlah pintu utama kedatangan wisman, karena banyak juga wisatawan yang masuk ke daerah itu, justru lewat pintu lainnya seperti Bali, Batam, atau Jakarta.

Adapun, wisman yang datang ke Sumbar mayoritas adalah dari Malaysia sebanyak 4.351 orang. Ada nya penerbangan langsung Padang – Kuala Lumpur, serta kedekatan unsur budaya menjadi penyebab banyaknya wisman dari negeri jiran itu.

Selanjutnya, wisman asal Australia sebanyak 368 orang, asal Perancis (123 orang),Tiongkok (122 orang), Amerika Serikat (48 orang), Inggris (42 orang), Singapura (40 orang), Taiwan (38 orang), dan Thailand (30 orang).Pemprov Sumbar menjadikan pariwasata program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, Pemprov Sumbar meluncurkan 58 event wisata sepanjang 2018. Tujuannya untuk mengembangkan sektor wisata dan menarik wisatawan..

Taste of Padang merupakan brand wisata Sumbar yang secara resmi diluncurkan. Selain memperkenal kan kembali tagline Taste of Padang, Sumatera Barat juga meluncurkan Calender of Event. Telah ada 58 event yang dikumpulkan dari seluruh daerah di Sumbar. Malam ini juga kami akan meluncurkan kembali secara resmi Taste of Padang, sebuah tagline yang mewakili Sumatera Barat secara keseluruh an.

Calender of Event 2018 terdiri dari 58 event. Tiga event masuk ke dalam CoE Nasional yaitu Tour de Singkarak, Festival Budaya Minangkabau dan Sawahlunto Internasional Music Festival. Sedangkan 55 lainnya mewakili seluruh daerah Sumatera Barat. CoE Sumatera Barat ini merupakan CoE perdana yang dimiliki Ranah Minangkabau ( Hms – Sumbar/w).


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom