Asisten I Dampingi Tim penilai lomba Krapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi

 
Realitakini.com -- Pasaman
Bupati Pasaman yang diwakili Asisten I mendampingi Tim penilai lomba Krapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat provinsi dalam rangka Penilaian KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat yang di wakili KAN Nagari Aia Manggih di kantor Wali Nagari Aia Manggih kecamatan Lubuk Sikaping, Rabu (18/11/2020).

Dari pantauan Realitakini nampak hadir Bupati Pasaman di wakili Asisten I Drs Yasri Uripsyah, Tim Penilai lomba Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Ketua Drs Abrar dari Dinas PMD Sumbar, Prof.Dr Raudah Thaib. MS  dari unsur Bundo Kanduang, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo dari Tim konsolidasi Adat Sumbar, Yul Rizal Baharin dari Pamong senior, Akmal dari studi Masyarakat Hukum Adat UNP, Azharnuri Dt. Rajo Nan Putiah dari Bakor KAN Sumbar dan Akral dari Dinas PMD Sumbar,  Kepala OPD, Camat Lubuk Sikaping,Ketua LKAAM Kabupaten Pasaman Wali Nagari se kecamatan Lubuk Sikaping, Ketua KAN se Kecamatan Lubuksikaping, Niniak Mamak ,Alim Ulama, Cadiak Pandai dan Bundo Kanduang dan Jurnalis.

Bupati Pasaman yang diwakili Asisten I Drs Yasri Uripsyah dalam sambutan Bupati  menyampaikan selamat datang kami sampaikan kepada ketua Tim beserta rombongan di Nagari Aia Manggih. Kehadiran tim pada hari ini adalah suatu kebanggaan bagi kami dalam rangka penilaian KAN terbaik tingkat Sumbar 2020 ini," ujarnya. 

"Selaras dengan visi pemerintah kabupaten pasaman yakni terwujudnya masyarakat yang sejahtera, agamis dan berbudaya, KAN harus tetap dijaga dan ditingkatkan peranannya sebagai institusi yang mampu memotifasi dan mendinamisasikan gerak dari segala aspek kehidupan masyarakat", ungkapnya.

Ia juga menambahkan,KAN merupakan lembaga yang mempunyai peran penting dalam pembangunan nagari dengan melibatkan masyarakat banyak dengan tradisi gotong royong dengan semboyan, 'barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang, tatilantang samo minum ambun, tatungkuik samo makan tanah, saciok bak ayam, sadanciang bak basi," kata Yasri

Diakhir sambutannya Yasri mengatakan, untuk itu mari kita memberdayakan KAN yang ada di Pasaman, karena KAN adalah wadah yang kuat peranannya bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan visi pemerintah kabupaten pasaman," ungkapnya o. 

Sementara itu Tim konsolidasi Adat Sumbar, Yulizal Yunus Dt. Rajo Bagindo mewakili Ketua Tim penilaian prov Sumatera Barat pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada bupati dan undangan lainnya yang telah menyambut kedatangan rombongan provinsi dengan sangat meriah.

"Kedatangan tim dan rombongan ke Nagari Aia Manggih ini selain melakukan penilaian kepada KAN, tetapi juga dalam rangka pembinaan dan pengembangan pokok pikiran untuk balik ke nagari dan beradat," ujar Yulizal.

Dia mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar penilaian untuk lomba saja, ini kepentingan bersama, tidak hanya menilai tetapi bentuk penguatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan kelembagaan adat serta motivasi bagi pemangku adat dalam melaksanakan tugasnya.

Yulizal mengatakan, dalam pelaksanaan penilaian ini ada empat aspek yang akan dinilai oleh Tim yakni,  melalui diskusi dan tanya jawab. 

"Adapun empat aspek yang akan kita nilai di KAN Nagari Aia Manghih ini meliputi, aspek kelembagaan, penyelenggaraan adat, aspek kompetensi dan aspek kerja sama antar lembaga,” tutupnya (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post