Follow Us

header ads

Gubenur Sumbar Bangga Jasman Rizal Resmi Menjujung Gelar "Datuak Bandaro Bendang"

Realitakini.com-  Sumbar 
Setelah ada mufakat Ninik Mamak suku Kampai nan 12 di Bauah untuk memangku gelar Datuak Kaum Inyiak Majolelo, akhirnya Pjs. Bupati Solok Selatan Jasman Rizal resmi diangkat sebagai "Datuak Bandaro Bendang" di Bauah Kanagarian Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu Solok Selatan.

"Prosesi Batagak Gala ini menandakan adat budaya masih tumbuh dalam nagari. "Batagak Gala" adalah salah satu bentuk melestarikan kegiatan adat nagari, dan juga sebagai identitas kita sebagai masyarakat Minang," kata Irwan Prayitno.

Demikian disampaikan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno Datuak Rajo Bandaro Basa saat menghadiri undangan batagak panghulu, "Mambakik Batang Tarandam Suku Kampai Nan 12" di Bauah, Kenagarian Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu, bertempatan di Rumah Tenggi Inyiak Majolelo,

Prosesi tersebut dihadiri seluruh Datuak Niniak Mamak, Panai Nan Tigo Ribu, pihak Melayu Ampek Inyiak, Banda Sapuluah Pucuak Kampai yang dilengkapi oleh empat suku, tokoh masyarakat dan undangan lainya. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menekankan gelar Datuk tersebut yang akan menempel di nama bukan untuk gagah-gagahan dan juga bukan untuk kepentingan tetapi adalah amanah.

"Untuk itu, kami atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar memberi apresiasi terkait dengan kegiatan batagak panghulu. Kegiatan ini menandakan adat budaya masih tumbuh dalam nagari," ucapnya.

Selanjutnya Irwan juga mengatakan Jasman Rizal pada hari ini sudah resmi menjujung Gelar Datuak Bandaro Bendang beliau nanti akan menjalankan tugasnya selaku Niniak mamak. Dan juga sebagai Pjs. Bupati Solok Selatan dengan waktu yang singkat begitu aktif, banyak gebrakan kegiatan yang dilakukannya di Kabupaten Solok Selatan.

"Saya bangga karena sebagai pemimpin Jasman cukup memberikan kinerja yang bagus, walaupun sebentar jadi pejabat sementara tetapi kinerjanya sudah terlihatkan," ungkap Irwan Prayitno.

Selain itu ia, juga mengapresiasi kepada pemangku adat nagari Pasia Talang, Kecamatan Sungai Pagu sudah melestarikan kegiatan-kegiatan adat nagari. 

Semoga kedepan kegiatan ini terus berjalan bila nagari dengan pemerintahan nagari dan pemangku kepetingan di nagari, maka berjalan dengan baik pulalah pemerintahan, InsyaAllah anak kepenakan baik pula, di nagari masin-masing.

"Selanjutnya, kami mengucapkan selamat kepada Jasman Rizal Datuak Bandaro Bendang telah dilewakan, direstui oleh kesepakatan mamak dan kemenakan maka gelar bisa dilewakan direstui oleh kerapatan adat nagari. mudahan gelar ini bisa melekat langsung kepada beliau dan langsung memiliki tugas dan peran begitu kepada kemenakanya," ucap Irwan.(hms/w)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom