Komitmen Layani Warga, Walikota Helmi Hasan Tambah Lima Belas Ambulans Gratis

 

Realitakini.com-Bengkulu 
Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menambah 15 unit armada mobil ambulans yang diperuntukkan untuk mengantar masyarakat yang membutuhkan transportasi ke rumah sakit atau dari rumah sakit ke rumah pasien. Seperti diketahui seluruh mobil ambulans Pemkot Bengkulu tidak hanya standby di rumah sakit saja, namun juga disebar ke setiap kecamatan, bahkan dipinjam pakaikan ke rumah sakit swasta dan beberapa universitas.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan membenarkan soal penambahan 15 unit mobil ambulans yang dibeli menggunakan anggaran di BPKAD, yakni dari APBD yang bersumber dari uang masyarakat Kota Bengkulu. Mobil itu, kata dia, tiba di Kota Bengkulu dalam bulan Desember ini.

“Iya, tapi sekarang masih proses. Jumlahnya sebanyak 15 unit. Insya Allah bulan ini juga akan tiba dan selanjutnya akan kita tentukan peletakannya dimana saja. Jika ditambah dengan ambulans kita yang sudah ada, totalnya 39 unit,” jelas Helmi.

Untuk diketahui, walikota Bengkulu Helmi Hasan dan wakil walikota Dedy Wahyudi punya program jemput sakit pulang sehat, untuk mendukung program tersebut maka dianggarkanlah mobil ambulans untuk mengantar masyarakat yang hendak berobat ke rumah sakit. Ambulans tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Ambulans Pemkot Bengkulu sudah banyak mengantar pasien bukan hanya warga Kota Bengkulu saja namun juga sering mengantar pasien ke luar Kota Bengkulu yang kesulitan mendapatkan ambulans untuk pulang ke rumah atau sebaliknya.

Salah satu contoh kejadian, belum lama ini ada pasien dari Kabupaten Kaur yang berobat ke RSMY Bengkulu. Pasien ini melahirkan anak peremmpuan. Namun baru berusia 2 hari, anaknya itu meninggal di RSMY. Ia ingin membawa jenazah anaknya pulang ke rumah namun tidak bisa meminta menggunakan ambulans di RSMY karena berdasarkan pengakuannya pihak rumah sakit minta bayaran atau biaya pengantaran sebesar Rp 5 juta.

Beruntung pasien menghubungi pihak Dinkes Kota Bengkulu untuk meminjam ambulans. Kemudian 1 unit ambulnas Pemkot Bengkulu yang standby di kecamatan Selebar langsung meluncur menuju RSMY dan langsung mengantar pasien ke Kabupaten Kaur tanpa diminta biaya sepeserpun.

Sebagai komitmen dalam melayani masyarakat tanpa terkecuali, ambulans Pemkot Bengkulu juga pernah mengantar pasien ke luar provinsi seperti ke Kediri, Sumatera Utara dan lain-lain. (Rk/Mc)

Post a Comment

Previous Post Next Post