Anggota DPRD Agam Hadiri Jambore Jurnalistik HPN 2021 di Agam Sumbar

 Realitakini.com-Agam

Menyambut puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) ke 75/2021 pada 9 Februari 2021 mendatang, wartawan dan dukungan Walinagari menggelar perhelatan Jambore Jurnalistik  di Nagari Pasiah Laweh Agam Sumatera Barat.

Kegiatan yang digagas wartawan setempat bersama Walinagari Laweh Zul Arfin Dt. Perpatih ini mendapat sambutan hangat semua kalangan wartawan dan masyarakat setempat.

“Kegiatan ini dihadiri wartawan/ti sebanyak 108 orang dari 75 Media Cetak, Siber dan elektornik yang bertugas di Kabupaten Agam.  Juga dari para stakeholder terkait dengan tetap memperhatikan prokes Covid-19,”papar Walinagari Laweh Zul Arfin Dt. Perpatih, Sabtu (23/01/2021).

Gagasan ini lahir saat pertemuan kami di Lubuk Basung pertengahan tahun lalu,  maka kami tindaklanjuti dengan pertemuan dua hari dengan 6 orang wartawan PWI Agam.

“Direncanakan acara ini dengan PWI Agam saja, tapi kemudian karena rekan rekan PWI Bukittinggi dan wartawan lain diluar PWI ingin bergabung, maka dibuka ruang untuk semua rekan pers yang ada di Sumatera Barat,” papar Zul Arfin.

Yang membanggakan adalah dukungan masyarakat yang mendukung kegiatan ini.  Tidak ada satu sen pun menggunakan anggaran nagari dan Negara.  Semua partisipasi masyarakat.

“Masyarakat siap dengan 1000 bungkus nasi sampai penutupan.  Pokoknya masyarakat kami sangat mendukung,” kata mantan anggota DPRD Agam periode 2005 – 2015 ini.

Walinagari menjelaskan bahwa salah satu potensi nagarinya adalah serba pisang. Pisang adalah bahan pokok kuliner di pasia laweh, banyak produk kue dan penganan kami dari pisang, sebagaimana yang disajikan pada kegiatan hari ini.

Selain itu Dt. Perpatih menyebutkan di Pasie Laweh banyak kegiatan wisata yang bisa dinikmati, ada wisata pancing, menangkap udang, memancing bauang dan limbat, disamping wisata sarasah dan mandi – mandi di air hangat.

“Besok semua peserta kami bawa menikmati semua keindahan alam yang kami miliki, mudah mudahan Palupuh makin terkenal sampai tingkat nasional,” sebutnya.

Pihaknya segera membangun monumen Jurnalistik, sebagai peringatan atas terselenggara acara ini, yang terus menerus diingat orang dan nagarinya.

Acara bertajuk Nagari Maju Bersama Media itu dibuka oleh ketua PWI Agam Mursyidi. Sebelum membuka Mursyidi menyampaikan sambutan yang intinya menyambut  baik dan memberikan apresiasi kepada Wali Nagari Zul Arfin.

“Penghargaan yang sangat tinggi kepada Wali nagari Pasie Laweh, ini yang pertama  di Indonesia,” pungkas Mursyidi dalam mengakhiri sambutannya.

Terlihat hadir Kadis Kominfo Agam Fauzan Hutasuhut, Camat Palupuh Harizal,  yang mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah, BNI Cabang Bukittinggi, Asosiasi Wisata Agam dan beberapa manajemen hotel serta BPJS Agam dan Bukittinggi.

Disore harinya Bupati Agam terpilih Andri Warman hadir, yang didampingi Hendrizal anggota DPRD Agam dapil III beserta rombongannya turut hadiri ditengah-tengah acara tersebut.(Aldi)

Post a Comment

Previous Post Next Post