Follow Us

header ads

Ditreskrimsus Polda Sumatera Barat Tangkap Pemilk Dan Penjual Satwa Langka


Realitakini.com-Padang 
Ditreskrimsus Polda Sumatera Barat (Sumbar) menagkap  seorang yang berinisial  ZK ,umur 47 tahun  suku minang  perjaan kariyawan  BUMN / atau pemilik toko burung Da  Boy. Dengan alamat Jorong  Taratak Galundi  Kanagarian Alahan Panjang  Kecamatan Lemah Gumati Kobupaten Solok provinsi Sumatera Barat.  

Kronolgis kejadian , pada hari minggu tanggal 24 Januari 2021 terangkap tangan seorang  laki laki yang bernama ZK  yang pada saat itu sedang  melakukan kegiatan menyimpan memiliki memperniagakan  satwa langka yang di lindungi dalam keadaan hidupdan menyimpat  memilki dan memperniagakan  satwa yag di lindungi dalam keadaan mati. Dirumahya yang beralamat Jorong  Taratak Galundi  Kanagarian Alahan Panjang  Kecamatan Lemah Gumati Kobupaten Solok provinsi Sumatera Barat. 

Dengan barang bukti 2 ekor satwa jenis UWO UNKO( HylobatesAGIS) dalam kedaan hidup,32 ekor  atwa jenis cucak Hijau yang masih hidup , 1 ekor cucak ranting yang masih hidup  1 ekor Kinoy yanag masih hidup dan 4,7 kg sisik tregiling.   

 Hal ini di ungkapkan oleh Ditreskrimsus Polda Sumbar yang di damping Kabit humas Polda sumbar Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Satake Bayu Setianto SIK serta kepala Dinas BKSDA provinsi Sumatera Barat dalam jumpa pres  senin tanggal 25/1 di Polda Sumbar lantai empat..

 Dengan demikain tersangka dikenakan Pasal 40 ayat 2 juncto Pasal 21 ayat 2 huruf a dan b Undang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistim dengan ancaman pidana penjara 5 tahun dan denda paling banyak Rp 100.000.000,- berdasarkan Lampiran Peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutan Republik Indonesia Nomor P.106/ MENLHK/SETJENKUM/1/12/2018 tentang Perubahan kedua atas  Peraturan MENLHK dan Kehutanan Nomor  P.20/ MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi,” tutup Kabid Humas Kombes Satake.(w)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom