Follow Us

header ads

Manfaatkan Lahan Tidur, Kodim 0305/Pasaman Panen Ikan Lele


Realitakini.com - Pasaman.
Di Masa Pandemi Covid - 19 saat ini, Kodim 0305/Pasaman, panen ikan lele. Panen perdana tersebut, hasil pemanfaatan lahan tidur yang dijadikan kolam ikan oleh Makodim 0305/Pasaman.

Akibat Pademi Covid 19, seluruh sektor kehidupan terdampak. Sebagai satuan yang bertugas melaksanakan pembinaan kewilayahan, Kodim 0305/Pasaman,
tetap berupaya dan berinovasi sesuai kebijakan dan arahan pemerintah.

"Pemanfaatan lahan tidur untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dimasa Pandemi
Covid-19 sehingga tidak terlalu berdampak buruk, serta ide budidaya ikan lele di inisiasi oleh Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz", ujar Kapok Tuud Kodim, Pelda Yanis Ananta, kepada Realitakini.com

Kolam ikan lele tersebut yang berada di belakang Makodim 0305/Pasaman bibit awalnya di tabur sebanyak 950 ribu ekor  dan hasil panen perdananya  menghasilkan 800 kg ikan lele, ungkapnya. 

Selain itu, apabila masyarakat mengikuti kegiatan ini tentunya akan membantu perekonomian. Lahan tidur yang kami gunakan tidak cukup luas, ukurannya berkisar 5 x 10 meter perkolamnya, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan penuh dari Dandim 0305/Pasaman," ujar Kapok tuud pelda Anis Ananta.

Sementara, Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, menjelaskan, pemanfaatan lahan tidur dijadikan kolam ikan  berjumlah 11 kolam. Setiap kolam berisi ikan lele dan ikan nila, serta ikan mas.

Ia mengatakan, “Di masa Pandemi sampai dengan memasuki adaptasi kebiasaan baru, kita tetap memberikan himbauan dan mengajak warga agar ikut menciptakan swasembada pangan.

Hasil panen ikan lele jenis jumbo yang didapat cukup menggembirakan. Menurut pelda Aziz, ikan lele tergolong mudah dibudidayakan karena kemampuannya untuk bertahan hidup sangat tinggi. 

Hasil per kolam  ± 700- 800 kg. Rata-rata per kolamnya sama, kata Pelda Aziz.

Tambah Aziz, masa Pandemi sampai dengan memasuki adaptasi kebiasaan baru, pihaknya tetap terus memberikan imbauan dan mengajak warga untuk ikut menciptakan swasembada pangan. (Nurman)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom