Follow Us

header ads

Peluang Usaha Menggiurkan, Warga Saruaso Timur Budidayakan Lobster Air Tawar

Realitakini.com Tanah Datar.                        
Merasa punya potensi  serta Prospek bagus dan yakin bisa berkembang, Tatang (49) tahun warga Jorong Saruaso Timur Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas   mulai membudidayakan lobster air Tawar dirumahnya.

"Saya mulai membudidayakan  sebanyak 500 ekor bibit lobster yang saya dapatkan dari Padang dengan kisaran harga 3000-5000 rupiah per ekor, pembudidayaannya tidak rumit araupun memerlukan tempatnya yang luas, saya sendiri menjadikan garasi mobil  sebagai tempat lobster dengan membuat kolam kolam kecil yang berupa bak bak yang di buat sedemikian rupa lengkap dengan sirkulasi air yang berputar mengalir," ujar Tatang  saat memberikan keterangan, Selasa (26/01/2021).

Menurutnya alasan budidaya lobster air tawar,  karena Ia sudah banyak mengikuti dan mengunjungi tempat pembudidayaan di Pulau jawa dan pembudidayaan milik salah seorang temannya yang telah terlebih dahulu  meraih kesuksesan.

"Untuk lobster tidak ada patokan usia, tergantung ukurannya,  usia 6 bulan biasanya lobster sudah mencapai 10 ekor setiap kilonya, dengan kisaran harga sekarang sekitar 140 ribu rupiah," tuturnya.

Tatang juga menambahkan makanan lobster sangat mudah mendapatkannya seperti, cacing, sayur-sayuran dan siput sawah. sedangkan untuk jadi pertimbangan kolam-kolam  lobster tidak terlalu tinggi ataupun  rendah dan  tempatnya juga harus licin agar lobster tidak bisa merambat keluar dari kolam.

"Sekarang Saya sudah memiliki empat indukan lobster yang sudah mulai bertelur, dalam satu ekor lobster bisa memiliki lebih kurang 1000 telur," katanya.

Untuk tempat penjualan Lobster  menurut Tatang sangat mudah dan luas, karena sudah ada tempat yang menampung lobster yang siap untuk dipasarkan.(M)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom