Kepala BPCB Beri Penjelasan Terkait Nisan Viral

Realitakini.com Tanah Datar                         
 Terkait dengan adanya pemberitaan yang diduga dimuat beberapa media yang menampilkan Foto atau gambar Batu Nisan yang mirip Phallus, alat kelamin pria atau batu perkasa yang berada di Nagari Tanjung Kecamatan Sungayang tidak sesuai ditempat aslinya, kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat Teguh Hidayat memberikan Penjelasan.

Dalam keterangannya Teguh Hidayat menyampaikan, "Bahwa isi berita dari beberapa media itu benar, tapi foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan tempat aslinya, dan bisa menimbulkan penyesatan informasi," katanya ketika menjelaskan kepada wartawan diruang kantornya Jumat, (22/01/2021) di Pagaruyung, Tanah Datar Sumatra Barat.

Foto yang diduga digunakan media lain
"Foto yang diberita seperti memperlihatkan ruangan pemujaan bisa jadi seperti Sekte atau aliran tertentu atau suatu penyimpangan yang pastinya bukan berada di Tanah Datar," tutur Teguh Hidayat.

Menurutnya Situs yang asli adalah berupa sebuah batu nisan yang berada dikomplek perkuburan masyarakat di Nagari Tanjung Sungayang bukan didalam goa seperti yang  ditampilkan dalam foto pemberitaan beberapa media.

"Kita juga telah di minta konfirmasi oleh pihak Kejari terkait masalah foto itu, karena telah menimbulkan keresahan ditengah masyarakat, dan kita sudah menjelaskan jika kita punya foto asli bukan seperti yang diberita itu, sedangkan lokasi itu sudah lama ditemukan dan sekarang muncul lagi dengan fotonya yang tidak sesuai dengan tempatnya, sehingga menimbulkan bermacam dugaan, apalagi masyarakat Minangkabau yang kental dengan adat dan agamanya," ujarnya.

Untuk itu Teguh Hidayat menyampaikan, "kita rasa perlu menjelaskan lagi bahwa foto yang  ditampilkan itu tidak sesuai dengan lokasi dan tempat apalagi media tersebut tidak memiliki keterangan dimana lokasi foto sehingga bisa membuat presepsi yang salah, sedangkan yang aslinya adalah batu nisan yang berbentuk phallus disamping batu nisan lain di lokasi perkuburan di Nagari Tanjung kecamatan Sungayang," Pungkas Teguh Hidayat.(M)

Post a Comment

Previous Post Next Post