Distan Agam Buru Hama Tikus

Realitakini.com - Agam
Dinas Pertanian Kabupaten Agam , kembali melakukan gerakkan massal pembasmian hama tikus pada tanaman padi tahun ini.Ade Yusuf Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Agam, kepada awak media,  Rabu (3/2) di ruang kerjanya, mengatakan, gerakan yang disebut buru tikus itu sebagai upaya pemerintah dalam pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).“Ini merupakan agenda rutin dalam program tahunan untuk memfasilitasi sarana pengendalian OPT seperti berburu tikus,” ujarnya.

Pada 2020, Kecamatan Tanjung Raya yang menjadi salah satu sentra padi di Agam mendapatkan 5 unit rumah burung hantu (Tyto Alba) dari pemerintah provinsi. Upaya itu sudah berhasil dalam pengurangan hama tikus secara alami di daerah itu.

Hal ini juga sudah diterapkan di sejumlah nagari, melalui gerakka buru tikus yang bekerjasama dengan penyuluh OPT kecamatan sehingga bisa meminimalisir dari ancaman tikus.

“Alhamdulillah, selama 2020 hama dan penyakit padi sudah bisa diminimalkan,” jelasnya.

Ia berkomitmen, tren ini kembali dilanjutkan Dinas Pertanian Kabupaten Agam agar bisa mempertahankan surplus padi setiap tahunnya.( Aldi).

Post a Comment

Previous Post Next Post