Komisi II DPRD Kabupaten Agam Sharing ke Dinas Pariwisata Pasaman Barat

 Realitakini.com-Agam

Ketua Komisi II DPRD Kab.Agam Provinsi Sumatera Barat, Rizki Abdillah Fadhal menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan tersebut yakni dalam rangka sharing serta mencari informasi terkait dengan potensi-potensi wisata guna untuk meningkatkan PAD dari bidang pariwisata.

Dimana kegiatan Komisi II DPRD Kabupaten Agam melakukan kunjungan ke Pantai Sasak Kabupaten Pasaman Barat yang dilaksanakan pada jari rabu (3/2/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka sharing informasi dengan Dinas Pariwisata setempat dalam rangka menggali potensi-potensi wisata guna peningkatan Pendapat Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Agam.

Kunjungan tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Agam Rizki Abdillah Fadhal, dan dihadiri Anggota Komisi Jondra Marjaya, Mardanis, Zulpardi, dan Asrizal. Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Agam Suharman. Rombongan disambut oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat Defi Irawan.

“Dalam peningkatan PAD tentu kita harus ada inovasi-inovasi yang dilakukan untuk membuka peluang-peluang retribusi termasuk dalam penyusunan peraturan daerah,” kata Ketua Komisi II DPRD Agam itu.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Komisi II juga mempertanyakan pemungutan pada objek-objek wisata di Kabupaten Pasaman Barat.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Pasaman Barat, Defi Irawan mengatakan pariwisata di Pasaman Barat seperti pendakian Gunung Talamau, Pantai Sasak, pantai Sungai Beremas dan lain sebagainya belum ada dilakukan pemungutan retribusi. Ia menyebut Pemda fokus dalam meningkatkan ekonomi masyarakat terlebih dahulu.

“Kita di Pasaman Barat terlebih dulu fokus kepada pembangunan infrastruktur dan pengoperasionalan kawasan, guna untuk meningkatkan PDRB masyarakat sekitar destinasi wisata. Dengan meningkatnya PDRB masyarakat secara langsung maupun tidak langsung PAD akan ikut naik nantinya,” ungkao Defi.

Rizki Ketua Komisi II menutup acara kunjungan ke daerah pantai sasak dengan mengambil catatan poin yang disampaikan sekdis Defi dengan apresiasi bahwa Pariwisata di Pasaman Barat sudah mulai menggeliat.

“Kami juga mengucapkan terimakasih mewakili masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Agam yang mana juga selama ini destinasi wisata di Agam banyak dikunjungi oleh masyarakat Pasaman Barat. Tentunya sinergisitas ini kita harap dapat selalu terjalin antar kedua Daerah,” ujar Rizki.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Agam Suharman mengatakan daerah yang berbeda memiliki dinamika yang berbeda, maka Agam melakukan kunjungan kerja ke Pasaman Barat sebagai referensi dalam peningkatan PAD di Kabupaten Agam.( Aldi)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post