Follow Us

header ads

Longsor Susulan Kembali Terjadi di Jalur Provinsi Malang - Kediri*

Realitakini.com, Malang 
 Selang beberapa jam setelah dilakukan upaya pembersihan materaial longsor oleh para tim relawan bersama dinas terkait, akses tersebut juga sempat dapat dilalui oleh pengendara kendaraan bermotor, kini longsor susulan kembali terjadi di jalur provinsi Malang-Kediri, yang tepatnya berada di Dusun Kedungrejo, Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. 

Dimana menurut keterangan dari warga sekitar, longsor susulan terjadi pada Jum'at (5/2) sekitar pukul 09.00 WIB yang mengakibatkan jalan tidak bisa dilalui roda dua maupun roda empat karena tertimbun material longsoran.

Sehingga dilokasi kejadian membuat kemacetan yang cukup panjang. Dimana para pengguna jalan harus rela menunggu proses evakuasi hingga selesai.

Kapolsek Pujon, AKP Supriyanto, bahwa dalam kurun waktu tiga hari di wilayah Kecamatan Pujon sudah terjadi longsoran sebanyak lima kali. Uraiannya, dua kali kejadian di titik Dusun Ngeprih, dan di Dusun Kedungrejo, setelah itu ada di Dusun Lebaksari.

“Kondisi saat ini cukup ekstrem, menjelang sore dan hingga malam terjadi hujan yang cukup lebat. Dimungkinkan lagi, karna demografi wilayah Kecamatan Pujon adalah berbukit, terutama disisi jalan terdapat beberapa tebing jurang yang sangat curam, sehingga dimungkinkan akan terjadi longsor susulan,” terang Kapolsek Pujon.

Selain itu,ia juga mengungkapkan bahwa selama tiga hari terakhir terdapat satu korban yang mengalami patah tulang saat melintas di lokasi Kedungrejo, dan tertimpa material longsoran. Ia mengatakan, saat itu korban berhasil dievakuasi warga sekitar untuk diamankan, dan akhirnya dibawa mobil ambulan untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi, Kapolsek Pujon menilai sangat dimungkinkan akan terjadi longsor susulan.Terlebih kontur tanah yang ada cukup labil dan posisi kemiringan tanahnya cukup berpotensi terjadinya longsor susulan. Oleh karena itu, pihaknya melakukan beberapa upaya antisipasi.

“Langkah kami dari jajaran Polres Batu, bilamana terjadi longsoran, maka jalur dari Kota Batu kita tutup, dan kemudian kami berkoordinasi dengan wilayah Kandangan atau Polsek Kandangan untuk melakukan upaya penutupan sehingga masyarakat yang berkendara tidak terjebak pada lokasi longsoran,” tutup AKP Supriyanto. (So)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom