Sekda Agam Minta Wali Nagari Bantu Pembentukan Kelompok Dasawisma


Realitakini.com - Agam

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto meminta wali nagari segera membantu PKK dalam mempercepat terbentuknya kelompok dasawisma di nagarinya.

“Tolong percepat pembentukan dasawisma yang ada di nagari. Karena, kehadiran dasawisma sangat membantu wali nagari,” ujar sekda dalam sambutannya saat menghadiri acara penilaian lapangan lomba kelompok dasawisma berprestasi tingkat provinsi Sumbar yang dihadiri wali nagari dan kader PKK di Agam, Senin (1/2).

Menurut sekda, melalui dana nagari, wali nagari diminta menganggarkan untuk program PKK, sehingga, membuka peluang mereka agar bisa berperan lebih. Seperti memberikan pelatihan peningkatan kapasitas kader PKK dan dasawisma.

“Ketika pemerintah bekerjasama dengan dasawisma, semua data dapat diperoleh dan terdeteksi dengan detail dan lengkap tidak perlu ke lapangan lagi,” terang Sekda.

Sekda mengakui, dibanding data yang dimiliki Disdukcapil maupun Badan Statistik, data dasawisma jauh lebih lengkap, detail dan update.

“Mulai dari data kematian sampai orang hidup. jumlah ibu hamil, anak yang baru lahir sampai orang lansia. Jumlah orang sakit sampai data silsilah keluarganya mereka tahu,” terang sekda.

Sehingga, kevalidan data yang dimiliki dasawisma tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, mereka tiap hari berkomunikasi dengan masyarakat yang tergabung ke dalam kelompoknya.

“Maka peran kita (pemerintah) khususnya nagari untuk mensupport setiap program mereka agar tetap semangat,” pinta sekda.( Aldi ).

 

Post a Comment

Previous Post Next Post