Follow Us

header ads

“Sinergisitas Pemko-LPM Perlu Transparansi dan Akuntabilitas”

Realitakini.com-Padang Panjang
Sinergisitas antara Pemko dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) penting adanya transparansi dan akuntabilitas. Hal itu penting dalam penyusunan dan pelaksanaan program kerja dan kegiatan yang akan dibuat untuk masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano, saat membuka Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) DPD LPM tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Walikota, Selasa (16/2). 

“LPM merupakan salah satu mitra kerja pemerintah dalam pembangunan.  Kehadiran LPM yang selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, sangat diperlukan bagi pemerintah. Karena kolaborasi adalah kunci utama pembangunan,” sebutnya.

Fadly mengapresiasi keberadaan LPM yang telah ikut bersama pemerintah membangun Padang Panjang. Mulai dari LPM tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota.

"Jika jaringan ini dibina LPM dan pemerintah, insyaa Allah program-program yang disusun, bisa terealisasikan," ucapnya.

Namun demikian, Fadly menekan kepada pengurus LPM, harus memilah betul mana program yang harus diprioritaskan dan yang akan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Jangan sampai program yang dibuat bersifat sentralistik.

"Untuk itu program yang dibuat haruslah program yang betul-betul dapat dirasakan masyarakat banyak," katanya mengingatkan.

Sementara itu, Ketua DPD LPM, Dr. H. Novi Hendri, SE, M.Si Datuak Bagindo Saidi mengatakan, Mukerda merupakan forum untuk mengevaluasi kinerja dan penyusunan program kerja LPM. Serta untuk memantapkan program yang telah disusun dan meningkatkan kerjasama DPD dan pengurus LPM tingkat kelurahan. Dan juga untuk mendorong semangat pengurus memperluas jejaring dalam menyukseskan program kerja.

“Mukerda ini sangat penting sebagai upaya untuk menyatukan persepsi menjalankan program ke depan,” katanya.

Novi hendri menjelaskan, pihaknya menampung saran, masukan dan program inovatif dari masing-masing kelurahan. “Ini yang akan disusun bersama dan disampaikan ke pemerintah daerah," jelasnya.

Dia berharap, dengan Mukerda ini semua LPM di tiap tingkatan, dapat melahirkan program-program yang baik dan bagus, serta memiliki inovasi terbaru dari masing-masing kelurahan. 

"Sehingga dapat memberikan dampak secara luas terhadap masyarakat di kelurahan terutama dari segi potensi ekonomi, wisata dan budaya. Ini merupakan gerbang awal untuk menyejahterakan masyarakat di tingkat kelurahan, walaupun masih dalam pandemi Covid-19," sebutnya.

Turut hadir pada acara ini, Staf Ahli bidang Pemerintahan Politik, Dr. Desmon, M.Pd, kepala OPD terkait, serta camat dan lurah serta pengurus LPM di setiap tingkatan. (Abe)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom