Follow Us

header ads

TMMD, Hasilnya Sudah Dirasakan Oleh Para Petani



Realitakini.com Kapuas, – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke 110 Kodim 1011/KLK Kapuas telah melaksanakan kegiatannya di Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Patek Kabupaten Kapuas. Pelaksanaan kegiatan tersebut meliputi pembanguna sasaran fisik maupun non fisik yang kesemuanya saat ini telah dikerjakan oleh satgas dan warga secara gotong royong.


Sasaran fisik yang dibangun salah satunya perabatan Jalan Usaha Tani (JUT) yang menjadi akses utama bagi petani untuk ke lahan pertaniannya. 


Sehingga dengan dirabatnya jalan menuju lahan pertanian tersebut membuat masyarakat menjadi bahagia, khususnya petani Desa Saka Lagun. Karena dengan adanya program semenisasi petani mempunyai harapan baru agar produktifitas pertanian meningkaat, roda ekonomi semakin lancar serta kedepanya pertanian akan semakin lebih maju.


Abdul Hamid yang merupakan petani Desa Saka Lagun, Minggu (21/3/2021) mengatakan, “ Sebagai petani kita harus telaten untuk mengolah tanah terlebih dahulu agar nanti ketika menanam Semangka akan tumbuh dengan bagus. Walaupun masih dengan sistem tradisional tetapi kami dapat menanam semangka dengan hasil yang lumayan. Apalagi saat ini budidaya di Desa Saka Lagun Semakin meningkat.”


Namun dari sisi yang lain, petani yang ada dipelosok masih perlu mendapat perhatian lebih dari Pemerintah dalam semua sektor. Mengingat wilayah pelosok tidak hanya tertinggal dari Infrastrukturnya namun dari sumber daya manusianya juga tertinggal. Untuk itu semua pihak harus terus peduli terhadap kondisi desa tertinggal agar kedepanya wilayah – wilayah tersebut menjadi lebih maju disemua sektor kehidupan.


Harapan Abdul Hamid juga menjadi harapan bagi seluruh petani Desa Saka Lagun, salah satunya Dayat.


Ia mengatakan, ”Dengan masuknya program TNI Manunggal Membangun  Desa (TMMD) Ke 110 Kodim 1011/KLK  Kapuas telah merubah semangat warga  dan petani untuk bangkit dari  ketertinggalannya. Saya harapkan setelah adanya program TMMD tersebut seluruh petani akan semakin berkembang dalam hasil produktifitasnya sekaligus untuk budidaya Semangka semakin lebih luas lagi.”(*)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom