Follow Us

header ads

BNNP Sumbar Apresiasi Kolaborasi Pemkab Tanah Datar Dan IAIN Perangi Narkoba Dan Penyakit Masyarakat

Realitakini.com Tanah Datar                                    
Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berkolaborasi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dalam Perang terhadap Narkoba, Pergaulan Bebas, Maksiat, LGBT, dan Tertib Berlalu Lintas.

Kolaborasi ini tertuang dalam bentuk Deklarasi dan Moment bersama dengan dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi Sumatra Barat Brigjen Pol. Drs. Khasril Arifin, yang diselenggarakan, Kamis (08/04/2021) di Auditorium Kampus II IAIN Cubadak Batusangkar, Sumatra Barat.

Giat ini juga dihadiri oleh Forkopimda, Camat Lima Kaum, camat Pariangan, walinagari, walijorong, Mahasiswa, pemilik kos-kosan serta tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Rektor IAIN Batusangkar diwakili Warek III Bidang Kemahasiswaan Sirajul Munir menyampaikan, jajaran IAIN bersama mahasiswa bertekad bersama untuk memerang segala bentuk perbuatan maksiat dan bahaya Narkotika dan obat-obatan di kampus ataupun di luar kampus.

"Kita sudah mengetahui semua bahaya yang ditimbulkan oleh Narkoba, pergaulan bebas untuk itu kampus bersama-sama mahasiswa bertekad memerangi segala bentuk kemaksiatan, Narkoba, dan ini tentunya juga dengan adanya dukungan semua pihak  baik dari kampus ataupun dari luar kampus," ujarnya.

Sirajul Munir juga menambahkan, sebanyak 1000 mahasiswa IAIN Batusangkar sudah mengumpulkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan atas gerakan itu.Dalam kesempatan itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Tanah Datar saat ini peredaran narkoba juga pada tahap mengkhawatirkan, untuk itu menurut bupati bersama-sama berantas dan perang terhadap Narkoba, pergaulan bebas, LGBT dan penyakit masyarakat lainnya.

"Bahaya narkoba tidak hanya merusak sendi-sendi kehidupan dan bermasyarakat tetapi juga berurusan dengan pihak berwajib untuk itu mari kita bersama-sama  memberantas dan perang terhadap narkoba, pergaulan bebas serta penyakit masyarakat lainnya," tegas bupati.

Eka Putra juga menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung semua gerakan dalam rangka memberantas narkoba untuk itu bupati juga mengajak semua pihak untuk mendeklarasikan perang terhadap narkoba, pergaulan bebas, dan maksiat, sesuai dengan visi misi menjadikan kabupaten Tanah Datar yang madani berdasarkan Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Khitabullah (ABS-SBK)

"Untuk itu kita berharap kepada semua, dan tentunya juga dukungan Badan Narkotika Nasional Sumbar, TNI, Polri, jajaran dosen IAIN, Camat, Wali Nagari, pemilik kos, tokoh masyarakat dan pengawasan orangtua dan pihak terkait lainnya sangat kita butuhkan, sehingga kita berharap kehilangan generasi yang diakibatkan narkoba tidak terjadi di Indonesia di masa datang, termasuk juga kesadaran tertib lalu lintas dalam berkendara," ujar Eka Putra.

Sebelum Kepala kantor Kesbangpol Irwan dalam sambutannya menyampaikan kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan bahaya Narkoba dan penyakit masyarakat lainnya.

"Kegiatan ini menghadirkan jajaran Dosen dan mahasiswa IAIN, pemilik kos sekitar kampus, Camat, Wali Nagari dan pihak terkait dan diharapkan kegiatan ini bisa melahirkan kader-kader kemanusian  serta menumbuhkan kesadaran untuk tertib berlalu lintas," jelasnya.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumbar Brigjen Pol Kasril Arifin  menyampaikan apresiasi dan kebanggaan kepada IAIN dan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang telah  berkolaborasi dengan mendeklarasikan dan Komitmen Bersama Perang Terhadap Narkoba, Pergaulan Bebas, Maksiat, LGBT dan Tertib Berlalu Lintas.

"Mahasiswa merupakan aset bangsa yang harus dijaga, untuk itu BNN propinsi Sumbar sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap kedepannya IAIN Batusangkar khususnya, dan Tanah Datar umumnya terbebas dari penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas dan penyakit masyarakat lainnya," ujarnya.

Brigjen Pol Kasril menambahkan, kegiatan ini menunjukkan komitmen yang kuat pemerintah daerah bersama IAIN Batusangkar dalam memberantas narkoba.

"Dengan adanya giat ini kita berharap akan lahir penggiat dan relawan anti Narkoba dari mahasiswa dan mahasiswi IAIN sehingga bisa menjadi pelopor dan corong informasi bahaya narkoba kepada kalangan akademisi, mahasiswi maupun masyarakat," Pungkas Brigjen Pol. Drs. Khasril Arifin.(M)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom