Follow Us

header ads

Buah Manggis, Simanis yang Menggiurkan Dan Banyak Manfaat

Realitakini.com Tanah Datar                                    -Buah Manggis dalam bahasa latin (garcinia Mangostana) capai harga 75 ribu bahkan lebih per satu kilo dalam masa-masa tertentu. manggis sendiri merupakan tanaman buah musiman dengan pohon kuat yang rata-rata hanya berbuah 1 kali dalam satu tahun dengan proses 4 bulan dari bunga hingga buah manggis matang.

Di Tanah Datar Buah Manggis banyak dijumpai bahkan sudah banyak yang membudidayakan tanaman ini karena sangat mudah tumbuhnya dan tidak memerlukan perawatan istimewah.

"Buah manggis pada musim tertentu seperti menjelang Hari Raya Imlek harga manggis super bisa mencapai 75 ribu rupiah bahkan sampai 100 ribu rupiah dan biasanya dikirim ke Cina dan Thailand," jelas Tatang pengepul Manggis saat ditemui di rumahnya Senin (17/05/2021) di Jorong Saruaso Timur Nagari Saruaso Kecamatan Tanjung Emas.

Menurutnya semenjak bulan Desember sampai hari ini  manggis selalu ada dan diantar langsung oleh pemilik dari berbagai daerah di Tanah Datar dan dari kabupaten lainnya bahkan dalam sehari bisa mengirim 2 buah mobil pick up buah manggis yang sudah dikemas ke dalam peti ke Agen utama.

"Saya pengumpul dan saya mengantarkan langsung ke agen berada di Kamang Bukittinggi untuk di ekspor, kalau sekarang harga perkilo untuk manggis super 17 ribu sedangkan manggis BS 5 ribu perkilo," ujarnya.

Menurut Tatang dia sudah menggeluti usaha pengumpul buah manggis semenjak tahun 2010. Manggis yang dikirim ke luar negeri biasa nya dijadikan untuk makanan kaleng, obat herbal dan untuk upacara keagamaan oleh negara Cina dan Thailand.

"Manggis berbuah tergantung cuaca dan hujan bila dalam setahun itu lebih sering hujan manggis bisa berbuah 2 kali dalam satu tahun sedangkan bila cuaca panas atau musim kemarau manggis susah berbuahnya dan kalaupun berbuah hasilnya tidak bagus," jelasnya.

Dilansir dari laman Kompas manggis bisa dijadikan obat herbal dan bermanfaat sebagai sumber antioksidan kuat, memiliki efek anti kanker, mengatur kadar gula dalam darah tubuh, penurunan berat badan, Meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan kulit serta sehatkan jantung. (M)

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom