Follow Us

header ads

Didampingi Bupati Eka Putra, Gubernur Sumbar Resmikan Masjid Ihsan Nagari Sungai Patai

Realitakini.com-Tanah Datar                                    -
Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE meresmikan Masjid Ihsan, Senin (17/05/2021) di Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat. 

Hadir dalam acara itu Wako Padang Panjang Fadly Amran bersama Keluarga besar H. Amran Sutan Sidi Sulaiman , Forkopimda, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Saidani bersama Anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Ketua MUI Tanah Datar,  Kepala OPD, Camat-Camat serta Walinagari, Camat Sungayang Yetriweldi, Forkopimca kecamatan Sungayang, Walinagari Sungai Patai Irvan Zainora, Perangkat nagari tokoh ulama, tokoh masyarakat, Bundo Kanduang, Serta unsur masyarakat Nagari Sungai Patai.

Dalam sambutannya Wali Nagari Sungai Patai Irvan Zainora menyampaikan Nagari Sungai Patai terdiri dari dua jorong dengan  memiliki KK 631 luas daerah lebih kurang 1.200  H daerah berbatasan dengan Kabupaten Lima Puluh Kota dan sebelumnya dalam tampilan layar diperlihatkan Vidio proses pengerjaan awal mesjid sampai selesai pembangunannya.

"Suatu kebanggaan bagi kami masyarakat Nagari Sungai Patai peresmian Masjid dihadiri Gubernur, bupati dan Walikota dan semoga semua donatur, para perantau, Anggota DPRD, teruntuk keluarga Pak H. Amran kami mengucapkan terima kasih semoga segala bantuan menjadi amal ibadah dan di balas oleh allah swt," ujarnya.

Menurut Irvan Zainora dalam pelaksanaan pembangunan dasar mesjid dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat. masjid Ihsan berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 1.741 M persegi berasal dari tanah wakaf Asrul Buyung dan Syukur Tanin dengan total biaya pembangunan 7.1 M.

"Kendala Nagari Sungai Patai Signal internet, karena kalau mau dapat signal harus mencari tempat tertinggi serta saluran irigasi, untuk itu kami berharap perhatian dari bapak gubernur dan bupati," sampainya.

Sementara itu Walikota Padang Panjang Fadly Amran mewakili keluarga besar Amran Sutan Sidi Sulaiman Pemilik yayasan Baiturrahmah menyampaikan. segala niat baik akan mendapatkan balasan yang baik. 

Menurut nya, "Siapa yang meramaikan masjid dengan ibadah akan dibalas oleh Allah swt. semoga mesjid ini selalu ramai digunakan dalam melaksanakan sholat," jelasnya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada donatur utama dari Pemilik Baiturrahmah serta pihak-pihak yang telah turut serta dalam pembangunan mesjid Ihsan.

"Selaku pemerintah daerah sangat apresiasi terhadap perantau nagari Sungai Patai, donatur serta masyarakat yang telah ikut berperan dalam selesainya pembangunan masjid Ihsan yang telah berdiri megah di nagari Sungai patai dan kami berharap masjid ini bisa buka selama 24 jam," ucapnya.

Pada kesempatan itu bupati juga menyampaikan, Tanah Datar sekarang berada pada Zona Orange, untuk bupati menghimbau untuk selalu menegakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker. Bupati juga menjelaskan bahwa saat ini Tanah Datar memiliki program unggulan satu hapizd dan hafidzah tiap satu rumah serta menyatakan perang melawan rentenir.

Sementara itu Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasinya terhadap masyarakat nagari Sungai Patai yang mempunyai semangat gotong-royong yang tinggi 

"Dengan melihat vidio proses pembangunan Masjid Ihsan, kita sudah melihat Semangat nasionalis tercermin dari pengamalan sila ke 4 Pancasila oleh masyarakat nagari sungai patai yaitu gotong-royong semoga tetap terjaga selamanya, karena dengan semangat gotong-royong, semangat berkolaborasi, semangat bahu membahu itu juga lah Sumatra Barat memberikan kontribusinya dalam kemerdekaan NKRI dalam masa penjajahan belanda," kata Gubernur.

Masyarakat Sungai Patai sudah mengamalkan ajaran Al Quran dengan saling bahu membahu dan bergotong royong dalam ikut serta dalam pembangunan mesjid Ihsan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sungai Patai.

Diakhir sambutannya gubernur mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar H.Amran Sutan Sidi Sulaiman, perantau serta masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan masjid.

Acara dilanjutkan dengan Peresmian Masjid  Ihsan dilakukan dengan membacakan Basmala serta pemukulan gong serentak oleh Gubernur Mahyeldi Ansarullah didampingi Bupati Eka Putra, Wakil ketua DPRD Saidani, Wali Nagari Irvan Zainora serta Ibunda Fadly Amran. (M)


Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom