Follow Us

header ads

Masyarakat Simaruok Buka Jalan Baru Dengan Swadaya


Realitakini.com- Agam
Warga Simaruok, Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, bergotong royong membuka akses jalan baru ke areal perkebunan yang ada di daerah itu, Rabu (31/3).

Kepala Dusun Simaruok, Saparudin mengatakan, goro pembukaan jalan tersebut dilakukan secara swadaya.

“Lebar jalan 2 meter, dengan panjang 2 kilometer mulai dari Simaruok menuju Sungai Landai,” jelasnya.

Dijelaskan, sebelumnya akses jalan ke Sungai Landai tersebut berupa jalan setapak, yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki.

Namun, karena saat ini warga agak kewalahan membawa hasil perkebunannya, maka kami sepakat untuk bergotong royong membuka dan memperlebar jalan tersebut agar bisa dilalui motor dan betor,” terangnya.
Menurutnya, dengan dibukanya jalan tersebut, selain mempermudah akses masyarakat untuk ke lahan perkebunan, masyarakat juga bisa mengolah lahan-lahan yang sebelumnya kurang produktif.

“Alhamdulillah, antusias dan semangat warga cukup tinggi, serta gotong royong ini akan rutin dilakukan setiap minggunya,” tambahnya.
Dikatakan, karena jalan yang akan dibuka tersebut merupakan areal perbukitan, maka pihaknya sedikit mengalami kesulitan.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap kepada pemerintah nagari, kecamatan, bahkan kabupaten, untuk dapat memberikan bantuan, sehingga jalan tersebut bisa dibuka sampai ke Sungai Landai.

“Dengan dibukanya jalan tersebut akan memberikan dampak yang besar terhadap warga Simaruok. Karena jalan tersebut menjadi akses utama ke lahan pertanian dan perkebunan masyarakat,” tutupnya.(Aldi).

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom