Follow Us

header ads

Satu Unit Excavator Bersihkan Jalan Tertimbun Longsoran di Nagari Limau Gadang Kecamatan IV Nagari Bayang Utara

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Pasca hujan lebat mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sabtu (8/5) pukul 16.00 WIB kemarin, menyebabkan longsor di beberapa wilayah Kecamatan IV Nagari Bayang Utara .Longsor terjadi diperkirakan terjadi di 2 tempat. Pertama di Kampung Limau-Limau, Nagari Limau Gadang terdapat 2 titik Longsor, 1 titik menimbun badan jalan sepanjang sekitar 25 Meter, 1 titik lagi menimbun badan jalan sepanjang sekitar 10 Meter.

Kedua,  Kampung Ngalau Gadang, Nagari Limau Gadang ada 1 titik, Panjang badan jalan yang ter timbun diperkirakan 12 Meter.  Sampai saat ini, ke 3 titik lokasi longsor tersebut belum dapat dilalui oleh Kenderaan Roda 2 (R2) dan Roda 4 (R4).

Kapolres Pessel AKBP. Sri Wibowo, S.IK, MM melalui Kapolsek Bayang Iptu. MH. Thamrin, mengata kan, longsor terjadi di Nagari Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, dikarenakan curah hujan cukup tinggi."Ya, tanah dari atas bukit ada di lokasi tersebut longsor, ada tiga titik parah akibat longsoran tanah, hingga menutupi badan jalan," ujar Thamrin,. senin, (10/5).

Lebih lanjut, Kapolsek menyampaikan, Bersama pihak Kecamatan, Wali Nagari Limau Gadang dan Polsek Bayang, kita turun ke lokasi longsor dan melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Pessel untuk mendatangkan alat berat excavator karena tanah yang longsor tersebut tidak bisa dikerjakan secara manual, harus menggunakan Alat Berat.

"Alhamdulilah, pukul 14.00 WIB, Alat Berat (excavator) sudah menuju lokasi longsor, dari Kantor PU Kabupaten Pessel," ungkap Kapolsek dan didampingi Wali Nagari Limau Gadang Yuharza.

Selain menutupi badan jalan, longsor juga menimpah satu buah rumah milik warga setempat milik In (40) tahun warga kampung Ngalau Gadang, Nagari Limau Gadang, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, mengalami rusak bagian dinding belakang. "Tidak ada korban jiwa, kerusakan rumah diperkirakan Rp. 7 juta rupiah," jelas Iptu MH. Thamrin kembali.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR), Syahriwan, ketika dihubungi, mengatakan, Pemkab Pessel telah mengarahkan dan mengirimkan alat berat kelokasi guna membantu warga membersihkan material longsoran tanah."Kita audah mendatangkan satu unit Alat Berat (excavator) untuk membersihkan tumpukan material longsoran, yang menimbun jalan, bersama pihak kepolisian dan warga setempat," terang Syahriwan.(rkmf/Rk)

 

Posting Komentar

0 Komentar

Selamat Datang di Website www.realitakini.com, Semoga Anda Puas, Silahkan coment dan share...Tertanda Pemred: Cimrawati SI.Kom