Polemik Zakat Rp200 Juta, Ilyas : yang Membagikan Itu Bagian Kesra, Bukan Pihak Baznas

Realitakini.com-Kabupaten  Solok 
Terkait adanya pemberitaan, serta pihak Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Solok turut andil dalam membagikan zakat pada Tim Pemenangan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok Epyardi Asda dan Jon Firman Pandu, pihak Baznas hanya menghadiri undangan Buka Bersama yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul ‘Ilmi Singkarak. 

Hal itu dikatakan oleh Bidang Pendistribusian Baznas Kabupaten Solok, Ilyas saat didatangi oleh Realitakini.com di Kantor Baznas Kabupaten Solok di Koto Baru, Senin (26/7/2021). 

"Setelah sholat, lalu kami Berbuka Bersama dengan undangan lainnya, setelah itu kami langsung pulang dan kami tidak ikut membagi-bagikan paket zakat tersebut," kata Ilyas. 

Lebih lanjut Ilyas menyebutkan, pihak Baznas Kabupaten Solok memang memberikan paket zakat sebanyak Rp200 juta pada Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Solok, untuk dibagikan pada penerima zakat. Karena dana zakat itu juga berasal dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Solok ini.

Namun secara detailnya, bila Kesra ini membagi-bagikan zakat ini pada yang berhak ataupun tidak ber hak, itu di luar tanggung jawab kami dan sampai saat ini Baznas tidak mengetahui. Lain halnya jika pihak Baznas sendiri yang membagikan paket zakat tersebut, tentunya ada datanya pada kami. 

Baznas Kabupaten Solok setiap tahunnya memang memberikan zakat, dan itu sudah menjadi program. Biasanya kita membagikan paket zakat itu di Guest House atau Rumah Dinas Bupati Solok, dan pe nyerahannya pun diserahkan oleh bupati dan pejabat pemerintahan lainnya, namun data penerima zakat tetap dari Baznas Kabupaten Solok. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama