Keluarga Penjemput Paksa Jenazah Pasien Positif Covid-19 Secara Resmi Minta Maaf Kepada Pihak RSUD



Realitakini.com  Tanah Datar                             -Pihak Keluarga yang menjemput paksa jenazah pasien positif covid-19 asal nagari Galo Gandang kecamatan Rambatan kabupaten Tanah Datar  secara resmi meminta maaf kepada Pihak Rumah Sakit.

Sebelumnya beberapa waktu lalu pihak rumah sakit melaporkan ke Polres Tanah Datar sehubungan telah terjadi penjemputan paksa jenazah pasien positif  oleh suaminya Zulmardi bersama keluarga lebih kurang 25 orang. menurut informas pasieni harusnya di makamkan secara protokol kesehatan namun keluarga berkehendak memakamkan secara umum.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolres Tanah Datar melalui Kasat Reskrim Iptu Syafri saat memberi keterangan kepada wartawan, Senin (30/08/2021).

"Tindakan penjemputan paksa pasien covid-19 oleh keluarga, melanggar UU kesehatan no.06  tentang karantina kesehatan dengan ancaman satu tahun penjara dan denda 1 M dan kita lakukan proses hukum dari laporan pihak Rumah Sakit," jelas kasat Reskrim.

Setelah selesai pemakaman, menurut Kasat Reskrim yang dilaksanakan secara pemakaman umum yang diawasi oleh Polsek Rambatan Babinkamtibmas dan babinsa, kepada sembilan pemandi jenazah dilakukan tracking oleh pihak RS.

"Dari hasil tracking  rumah sakit, satu orang yang positif kita mengambil tindakan karena melanggar UU No. 06  tentang karantina kesehatan, dan  kita memproses laporan tersebut,  seminggu setelahnya pihak keluarga beritikad baik menyampaikan permintaan maaf kepada pihak rumah sakit dan pihak terkait,  kita fasilitasi, dalam kesempatan itu beliau bersungguh- bersungguh  berjanji tidak  akan mengulangi lagi kejadian yang sama," kata Iptu Syafri.

Untuk itu menurut kasat Reskrim  penjemputan paksa pasien tidak terjadi lagi kedepannya. karena menurutnya jika berimbas kepada masyarakat lain tentu proses hukum akan berlanjut dan berharap masyarakat mengetahuinya.

Hadir dalam acara itu, Plt Direktur RSUD M. Ali Hanafiah dr Nurman Eka Putra Wijaya, Kabag OPs Polres Kompol Ischak, Kasat Reskrim Iptu Syafri, Kapolsek Rambatan, Danramil, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Pihak terkait. 

Dalam kesempatan itu juga Zulmardi Dt Tan Manik diangkat jadi Duta Protokol kesehatan Tanah Datar. (M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama