Pelayanan Posyandu Balita Desa Bendosari Kembali Aktif

Realitakini.com--Blitar 
Pemerintah Desa Bendosari, Kecamatan Sanankulon membuka kembali pelayanan Posyandu Balita ditengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang diperpanjang hingga 23 Agustus 23, Rabu (18/08/2021).Pasalnya hari ini adalah Bulan Timbang Agustus yang merupakan salah satu program dari pemerintah dalam rangka memenuhi informasi tentang data status gizi balita. 

Menurut penuturan Kades Bendosari, Tiok Sunariya, Bulan Timbang Agustus adalah bulan intensifikasi penimbangan dan bulan vitamin A secara rutin. Kegiatan tersebut akan dilakukan oleh kader Posyandu Desa Bendosari bersama Bidan atau petugas kesehatan.

"Kegiatan ini menyasar semua balita yang ada di wilayah kerja Posyandu maupun yang tidak pernah datang ke Posyandu," katanya.

Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) balita merupakan sebuah kegiatan rutin yang dijadwalkan setiap bulan dalam rangka mengawal tumbuh kembang bayi dan balita.Posyandu Balita ini sempat libur akibat corona tahun kemarin posyandu Desa Bendosari terbagi dalam tiga kelompok berdasarkan letak geografis desa.

Hal tersebut disesuaikan berdasarkan satuan wilayah, yaitu Pos 1, 2 dan Pos 3. Kegiatan Posyandu rutin tersebut meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemberian imunisasi, serta pemberian makanan tambahan (PMT) serta pemberian vitamin A.

"Kesuksesan program Posyandu selalu hadir melalui semangat dari para Kader Posyandu dan peran serta orang tua balita yang rutin datang untuk melakukan timbangan bagi putra-putrinya," jelasnya.

Sejalan dengan tingkat kesadaran dan semangat masyarakat Desa Bendosari utamanya bagi para orang tua terhadap tumbuh kembang dan kesehatan putra-putrinya. Tak hanya bagi orang tua balita, kegiatan Posyandu juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah desa. Selain itu, kegiatan Posyandu mampu menjadi akses layanan dasar kesehatan bayi dan balita di desa.

"Kita tentu menyadari bahwa balita adalah calon generasi penerus bangsa, di mana masa pertumbuhan dan perkembang balita harus menjadi perhatian kita bersama," papar Tiok.

Katanya, mari kita bersama menyukseskan Program Bulan Timbang Agustus ini dengan semangat. Dengan kesuksesan program tersebut secara tidak langsung kita itut mengawal pertumbuhan dan perkembangan para generasi penerus bangsa tersebut agar mampu menjadi generasi sehat dan cerdas.

"Pelayanan Posyandu Balita ini juga mengacu pada protokol kesehatan. Dengan cara digilir beberapa orang agar tidak bergerombol," tandasnya.( kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama