Walikota Solok Hadiri Pembukaan Silek Art Festival Tahun 2021


Realitakini.com--Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar menghadiri Pembukaan Silek Art Festival Tahun 2021, di Aula Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang Sabtu (21/8/2021). Acara tersebut, dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Gemala Ranti. 

Tampak hadir pada acara tersebut Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Wilayah Sumbar Undri, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar Fauzi Bahar, Tuo-Tuo Silek Kota Solok, serta tamu undang an lainnya.

Dalam sambutannya, Walikota Solok me nyebutkan sejatinya gelaran Silek Art Festival (SAF) ini dibuka di Kota Solok selaku tuan rumah SAF. Namun karena suatu dan lain hal, maka pembukaan dilaksanakan di Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar.

Walikota Solok mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu bentuk usaha bersama dalam memajukan, dan melestarikan seni budaya yang ada di Provinsi Sumbar.

"Dalam menjalankan roda pemerintahan, tanpa adanya dukungan dari sasaran, komunitas dan masyarakat maka kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah tidak akan dapat ber jalan dengan sempurna," sebut Zul Elfian Umar.

Disebutkan Zul Elfian Umar, ucapan terima kasih dan apresiasi kepada sasaran-sasaran silek dan pemerhati budaya daerah di Kota Solok, terhadap dukungan dan perhatiannya dalam menjaga dan memelihara nilai-nilai budaya daerah, dengan melibatkan generasi muda dalam mendukung setiap kegiatan yang ada pada kegiatan OPD terkait.

Lebih lanjut Walikota Solok menyebutkan pentingnya melestarikan dan mengembang kan seni tradisi Minangkabau, karena tradisi tidak mungkin hadir begitu saja di tengah-tengah masyarakat, namun melalui proses yang sangat panjang, dari generasi ke generasi, hingga tradisi tersebut menjadi bagian dari masyarakat pendukungnya.

"Kami atas nama pemerintah dan di masyarakat Kota Solok akan terus melaku kan pengembangan terhadap seni budaya di Kota Solok, sebagai penunjang kepariwisata an Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya, yang dibacakan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Gemala Ranti mengatakan, pelaksanaan Silek Art Festival kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19, namun tidak akan mengurangi arti dan maksud dari kegiatan ini.

"Kita berharap, ini dapat memberi inspirasi bagi generasi muda dalam mempelajari dan mengembangkan warisan budaya Indonesia. Pembinaan dan apresiasi pelaku senibudaya dalam mengembangkan keterampilan, Ke giatan kebudayaan ini juga tentu memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat," sebut nya.

Adapun jadwal pelaksanaan Silek Art Festival Tahun 2021, Pada Tanggal 22 Agustus Silek Camp di Kota Solok, 23 Agustus Manjapuik Nan Sabinjek di Kabupaten Sijunjung, 24-25 Agustus Alek Silek Paninjauan di Kabupaten Agam.

Selanjutnya, 26-27 Agustus Gelanggang Silek Tradisi di Kota Padang, 28-29 Agustus Kurambik dan Pameran Senjata Tradisonal Minangkabau di Kota Payakumbuh, serta 30-31 Agustus Galanggang Sasaran Silek di Kabupaten Pasaman Barat. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post