Warga Isoman Desa Purworejo Dapat Bantuan Oksigen Dari Petani Koi

Realitakini.com--Blitar, 
Untuk mengurangi beban rumah sakit akibat membludaknya pasien Covid-19, Pemdes Purworejo mem bantu pengecekan saturasi atau kadar oksigen dalam darah.

Menghitung saturasi oksigen dalam darah menjadi hal penting yang diperlukan sebagai penanganan pada pasien Covid-19. Kadar oksigen yang rendah dapat menjadi tanda peringatan dini bahwa perawatan medis diperlukan.

Menurut Kepala Desa Purworejo, Kalinggo Purnomo S.E, mengingat ada warganya yang sakit karena Covid-19 dan takut dibawa ke rumah sakit. Ada isu yang berkembang jika dibawa ke RS tidak mendapat kan penanganan yang maksimal.

"Mereka memilih isolasi mandiri, terutama warga yang sudah dicek kesehatannya. Seperti contohnya warga yang sudah melakukan rapit antigen dan PCR dengan hasil positif," jelasnya, Kamis (19/08/2021)

Selanjutnya kata dia, mereka yang isoman kita cek dengan berkala kadar oksigen dalam darahnya. Bila ada warga isoman kadar oksigennya menurun langsung diberikan bantuan oksigen.

"Jika saturasi oksigen dalam darah kurang dari 95%, orang akan mengalami gangguan atau kesulitan ber nafas. Apalagi, jika saturasi oksigen turun jauh dari batas normal, bisa menyebabkan kematian," papar Kalinggo.

Bantuan oksigen ini berkat kerjasama Tim Satgas Covid-19 Purworejo dan relawan. Terutama relawan petani Koi yang pengadaan oksigen, sebab langkanya oksigen menjadi hambatan bagi pasien covid untuk sembuh.

"Walaupun dengan tenaga medis yang seadanya dan dibantu oleh semua relawan warga yang sedang isoman banyak yang sembuh. Hal ini sesui perintah Bupati beberapa waktu lalu untuk membantu warga yang memerlukan bantuan oksigen," pungkasnya.( kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama