Anggota DPRD Pasaman Yulisman Tanggapi Empat Kecamatan Dalam Kondisi Blank Spot

Realitakini.com -- Pasaman 
Empat kecamatan di kabupaten Pasaman masih dalam kondisi blank spot yakni Kecamatan Mapattunggul , Mapatunggul Selatan, Kecamatan Duo Koto dan Kecamatan Rao Utara.

Terkait hal itu Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Fraksi PAN,Yulisman menegaskan pada Pemerintah Daerah terkait empat kecamatan yang masih dalam kondisi blank spot agar segera mungkin memasang wifi gratis dan jaringan infrastruktur telekomunikasi untuk mendukung tiga sektor di daerah itu.

"Dengan adanya wifi gratis dan jaringan infrastruktur telekomunikasi akan mendukung pada tiga sektor, yakni pendidikan, kesehatan dan pemerintahan," ujarnya pada Realita kini.com saat diwawancara, Selasa (21/9/2021)

Selain tiga sektor, perlu juga perhatian pemerintah daerah terhadap perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan, sebab saat ini ada jalan yang masih kondisi bertanah serta berlumpur di beberapa kejorongan pada empat kecamatan tersebut.

Ia menjelaskan salah satunya di Kecamatan Mapattunggul ada delapan Kejorongan yang masih ber tanah antara lain Jorong Botung Busuk, Jorong Sibintayan, Jorong Kubu Baru, Jorong Soma, Jorong Kampuang Tongah, Jorong Muara Tais, Jorong Lubuk Gadang dan Jorong Marapen.

Kemudian saat ini para mahasiswa kesulitan belajar melalui daring sebab jaringan telekomunikasi susah didapatkan di Kecamatan Mapattunggul, mereka harus pergi ke tempat perbukitan terlebih dahulu untuk mendapatkan sinyal jaringan telekomunikasi.

Pihaknya dari DPRD Kabupaten Pasaman mendorong bagaimana caranya memasang wifi gratis di daerah blank spot sebab itu merupakan program dari Kominfo Kabupaten Pasaman.

Ia berharap dalam pembahasan APBD 2022 yang akan dibahas sebentar lagi dan juga kepada pemerintah daerah agar membuat program-program prioritas terkait pemasangan wifi gratis untuk masyarakat, serta berapa sebenarnya anggaran dibutuhkan oleh Kominfo dalam pemasangan gratis itu.

Selanjutnya mari kita bersama-sama memikirkan dan mengajukan progam tersebut menjadikan program prioritas, jika dari pemerintah daerah sudah mengajukan program dari fraksi PAN akan mendukung sepenuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Pasaman, Wiliyam Hutabarat mengatakan empat kecamatan yang masih blank spot itu yakni Kecamatan Mapattunggul, Kecamatan Mapatunggul Selatan, Kecamatan Duo Koto dan Kecamatan Rao Utara.

Salah satunya di Kecamatan Mapattunggul selatan, hanya mendapatkan jaringan 2G, itu bisa untuk SMS dan telepon saja dan ada juga daerah yang tidak dapat sama sekali mendapatkan jaringan telekomunikasi.

Dengan adanya masalah blank spot sebelumnya Dinas Komunikasi Kabupaten Pasaman telah me masang tujuh jaringan telekomunikasi berupa Very Small Aperture Terminal (VSAT) milik Aset Bakti Kominfo Republik Indonesia di beberapa Kejorongan pada Lima Kecamatan.

"Adapun lima kecamatan yang dipasang VSAT, yakni Kecamatan Tigo Nagari, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kecamatan Rao Selatan, Kecamatan Mapattunggul Selatan dan Kecamatan Mapattunggul," ujarnya.

Selain itu pada hari Senin 20 September 2021, Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman bersama pihak PT Telkom mengadakan survei ke Nagari Silayang, Kecamatan Mapatunggul Selatan untuk merencanakan membangun transmisi jaringan kabel optik dan dalam waktu dekat pihak Telkomsel akan menyediakan jaringan infrastruktur telekomunikasi berupa tower untuk menuju jaringan 4G. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama