Dua Tim Media Raih Terbaik Dibimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar Angkatan Pertama

Realitakini.com- Padang 
Pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hitung Cepat Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitu Pasna) angkatan pertama dari 8 angkatan yang telah diselenggarakan BPBD Sumbar, dengan 3 orang instruktur handal dan profesional di bidangnya masing-masing, sukses mengedukasi peserta Bimtek, di Grand Basko Hotel Padang.

Terkait dengan Bimtek Hitung Cepat Jitu Pasna, terpilih 5 tim kolaborasi terbaik, yakni terbaik 1 dari kolaborasi Pasaman Barat (Pasbar), terbaik 2 Dharmasraya, terbaik 3 Media dari Kota Padang, terbaik 4 media dari Kota Tangah Kota Padang, dan terbaik 5 tim kolaborasi Padang Pariaman.Ada pun penilaian terhadap peserta Bimtek Jitu Pasna dari seluruh peserta 19 daerah kabupaten dan kota se-Sumbar telah memenuhi pengetahuan dasar tentang penanganan saat terjadi bencana dan pasca bencana. 

Instruktur bikin tantangan setelah 3 hari berselang waktu kegiatan pelatihan Bimtek Jitu Pasna dengan materi edukasi pengetahuan dasar penanganan bencana dan pasca bencana. Materi edukasi yang menantang adrenalin berpikir bagi peserta dari terjadinya bencana dan pasca bencana, alur progres kerja penanganan yang dimulai dari menghitung kerugian materi infrasruktur dan non infrastruktur baik tentang kerugian fisik infrastruktur mau pun kerugian non fisik yang ditimbulkan akibat bencana. 

Terkait dari ragam materi edukasi telah disajikan secara sistimatis sehingga berakhir dengan kolaborasi para peserta dengan menyelesaikan kuisiner matari yang diinfokan dalam bentuk disegner info grafis. Selama kegiatan berlangsung semua peserta mengikutinya dengan penuh kedisiplinan, peserta dapat ilmu otodidak, lewat pelatihan Jitu Pasna tentang cara benar penanganan bencana, pasca bencana. Sampai pada rentang waktu selama 3 hari setelah bencana terjadi publik dapat informasi detail, akurat, tepat dan benar. 

Para peserta Bimtek Jitu Pasna ini nyaris menyandang gelar sarjana baik perangkat Nagari, Desa, Kelurahan, dan utusan BPBD dari daerah kabupaten dan kota serta peserta relawan dan media.( WRk) 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama