Supardi, Ketua DPRD Sumbar Mendukung Program Parlemen Remaja Yang Dicetus Oleh DPR RI

Realitakini.com--Sumbar
Program Parlemen Remaja yang dicetus oleh DPR RI. Program tersebut diyakini mendorong peningkat an pemahaman dan pengetahuan remaja tentang politik dan legislatif sehingga terciptanya sistem pemerintahan yang lebih baik di masa mendatang. Karean itu Supardi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menyatakan  Sangat mendukung prgran tersebut .

Hal itu disampaikan Supardi saat menerima empat orang siswa perwakilan Sumatera Barat dalam program tersebut, Kamis (16/9/2021). Menurut Supardi, Pendidikan politik terhadap siswa Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA/ SMK), menjadi unsur strategis dalam membentuk sistem pemerintah yang lebih baik di masa depan.

“Program Parlemen Remaja yang dicetus oleh DPR RI ini sangat bagus untuk meningkatkan pemaham an remaja terhadap politik dan legislatif sehingga ke depan akan terbentuk generasi muda yang mampu berkiprah dalam sistem pemerintahan yang lebih baik,” kata Supardi.

Dia berharap, peserta yang mengikuti program tersebut dapat memupuk diri menjadi seorang negara wan. Rangkaian program yang dilalui para siswa, akan meningkatkan minat dalam mengenal dunia politik. Supardi menambahkan, menjadi seorang politisi idealnya melalui berbagai tahapan hingga akhirnya akan mewakili masyarakat di parlemen. Melalui Program Parlemen Remaja, diharapkan dapat menumbuhkembangkan jiwa politisi yang ideal bagi kebutuhan masyarakat, negara dan bangsa.

“Siswa yang mengikuti program ini ditempa pembekalan untuk terjun ke dunia politik, menularkan pengetahuan yang diperolehnya kepada rekan-rekan sejawat sehingga meminimalisir hadirnya “politisi karbitan” di parlemen,” tambahnya.

Program Parlemen Remaja merupakan kegiatan pembelajaran politik kepada generasi muda, khususnya pelajar tingkat SMA/ SMK. Mereka mengikuti simulasi menjadi Anggota DPR RI selama 5 hari. Program tersebut diselenggarakan sejak tanggal 13 hingga 17 September 2021. Tema program tahun ini adalah “Remaja di Era Kebebasan Informasi: Siaran Berkualitas, Masyarakat Cerdas”.

Tahun ini, program dilaksanakan secara virtual. Empat orang peserta perwakilan Sumbar mengikuti rangkaian kegiatan di rumah dinas Ketua DPRD Sumbar. Empat siswa dan siswi perwakilan Sumbar tersebut adalah Aldi Rahmad siswa SMAN 1 Pasaman, Aisyah Zharfania Qintara dari SMAN 3 Padang, Nindi Janetri Jafri dari SMAN 3 Painan dan Qurratul Hilma dari MAN 2 Payakumbuh.

Aisyah Sharfanita Qintara, salah seorang peserta mengungkapkan, selama lima hari, mereka akan me ngikuti simulasi duduk di parlemen. Menjadi anggota DPR RI, rapat-rapat komisi, menampung aspirasi masyarakat, membahas RUU, rapat dengar pendapat, hingga kunjungan kerja dan sebagainya. (F/wRk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama