Wako Fadly Amran Imbau UMKM Manfaatkan Teknologi Digital


Realitakini.com-Padang Panjang
Banyak manfaat yang bisa diperoleh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) jika sudah familiar menggunakan teknologi. Termasuk memanfaatkan internet untuk pemasaran produk mereka.

“Memanfaatkan digitalisasi dengan sebaik-baiknya dapat meningkatkan mutu dari produk yang dihasilkan. Juga dapat memperluas jangkauan wilayah pemasaran, sehingga mampu menghadapi ketatnya persaingan saat ini,” ujar Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano saat menjadi keynote speaker sekaligus membuka acara Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Hotel Rangkayo Basa, Jumat (29/9).

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan kerja sama Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan dengan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperdakop) Padang Panjang. Pelatihan DEA ini ditujukan bagi para pelaku UMKM yang ada di kota ini.

Wako Fadly mengucapkan terima kasih kepada BBPSDMP Kominfo Medan yang telah berkenan mengadakan pelatihan. 

“Ini merupakan kegiatan yang bagus sekali untuk mempersiapkan SDM yang unggul, khususnya para pelaku UMKM dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Kita lihat perkembangan zaman saat ini, para pelaku UMKM dituntut untuk bisa menggunakan teknologi digital dalam usahanya,” ungkap Fadly.

Dari pandangan kacamata Fadly, dirinya melihat transformasi ekonomi digital saat ini, khususnya di Kota Padang Panjang berjalan secara masif. Untuk itu, wali kota muda itu meminta agar ekonomi kreatif harus berjalan bersama dengan ekonomi digital.

“Pandemi telah memaksa sektor bisnis untuk beradaptasi dengan model bisnis digital. Untuk itu UMKM harus berjalan bersama dengan ekonomi digital,” ujarnya.

Fadly berharap agar BBPSDMP Kominfo Medan dapat melaksanakan Pelatihan DEA di Kota Padang Panjang secara berkelanjutan dan kalau bisa diperluas lagi jangkauannya. 

Sementara itu, Kepala BBPSDMP Kominfo Medan, Drs. Irbar Samekto, M.Si menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini dapat mendorong peningkatan kualitas pengembangan SDM khususnya dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meraih tingkat daya saing yang lebih baik.

“Secara spesifik, pelatihan DEA ini diharap mampu menumbuhkan kompetensi bidang TIK yang dapat mengoptimalkan kehadiran finansial inklusif TIK. Sehingga pemanfaatan TIK dapat memberikan hasil bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkan Irbar, kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, diikuti oleh sebanyak 100 peserta dari para pelaku UMKM di Kota Padang Panjang.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kominfo Padang Panjang, Drs. Ampera Salim, SH, M.Si dan Kepala Disperdakop UKM Kota Padang Panjang, Arpan, SH, beserta undangan lainnya. (Abe)

Post a Comment

Previous Post Next Post