KAN Nagari Durian Tinggi Dinilai, Wabup, Salah Satu Wujud Visi Benny - Sabar Memperkuat Peran Lembaga Adat

Realitakini.com -- Pasaman
Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping dinilai oleh tim penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat, Rabu (13/10/2021).

Kehadiran tim penilai tersebut disambut langsung oleh Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS dan turut hadir Kepala OPD Kabupaten Pasaman, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minang Kabau (LKAAM) Kabupaten Pasaman, Camat Lubuk Sikaping, Wali Nagari se Kecamatan Lubuk Sikaping , Niniak Mamak Alim Ulama Bundo Kanduang Durian Tinggi, pemuda se Kanagarian Durian Tinggi dan ketua TP.PKK Kabupaten Pasaman. 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS mengucapkan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Tim penilai KAN Provinsi Sumatera Barat beserta rombongan di Nagari Durian Tinggi.

"Kehadiran Tim penilai mempunyai arti yang penting dan memberi makna khususnya upaya kita bersama untuk senantiasa meningkatkan kapasitas pembangunan ditingkat Nagari, yang diarahkan pada upaya  peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan KAN sebagai lembaga yang menaungi para ninik mamak (penghulu adat) di nagari "  ujar Wabup Sabar AS

Ia juga mengatakan, harus kita akui juga KAN bukanlah termasuk perangkat pemerintahan didaerah, namun lembaga ninik mamak/penghulu ini sudah diakui keberadaannya melalui peraturan daerah, sementara perhatian kita selama ini belum optimal.

Wabup juga mengatakan keberadaan lembaga KAN sangatlah di perlukan, semisal ketika ada acara ninik mamak selalu diminta untuk hadir dengan pakaian kebesarannya, peran lembaga KAN tidaklah sedikit dalam memberikan kontribusi nilai nilai Adat ditengah kehidupan bermasyarakat. 

Dikatakannya lagi arah pembangunan Kabupaten Pasaman tertuang dalam peraturan daerah (PERDA) Kabupaten Pasaman no 4 Tahun 2021, tentang Rencana Pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Pasaman Tahun 2021-2026 dimana salah satu programnya memprioritaskan Pasaman Berbudaya, berdasarkan falsafah Adat Basandi Sarak, Sarak Basandi Kitabullah. 

Kemudian Sabar AS mengatakan, kami Benny Utama - Sabar AS dari awal pencalonan telah bertekad mewujudkan masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat yang menjadi visi kabupaten Pasaman, Salah satu wujudnya adalah memperkuat peran lembaga Adat KAN dan LKAAM" tuturnya

"Maka salah upaya dalam pembinaan Lembaga KAN tersebut adalah melalui penilaian KAN terbaik di Sumatera Barat, melalui kegiatan penilaian yang laksanakan saat ini akan dapat mendorong para pengurus KAN untuk berbenah dalam mengurus organisasinya sehingga eksistensi KAN akan semakin dirasakan Masyarakat nagari, dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Adat" tutupnya. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post