Para Duta Besar Negara Sahabat Ucapkan Selamat untuk DPD RI

Realitakini.com--Jakarta
Perayaan HUT ke-17 DPD RI, di Gedung Nusantara IV Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (1/10/2021), benar-benar mendapat atensi yang luar biasa. Selain dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang hadir secara virtual, hadir pula sejumlah pimpinan Lembaga Negara, Duta Besar, menteri Kabinet Indonesia Maju, mantan Pimpinan DPD RI, Raja dan Sultan se-Nusantara, gubernur dan bupati/wali kota se-Indonesia juga sejumlah pimpinan partai politik. 

Bahkan, sebanyak 10 Duta Besar dari negara sahabat turut mengucapkan selamat ulang tahun untuk DPD RI.10 Diplomat luar negeri yang memberikan ucapan selamat adalah Duta Besar Amerika Serikat Sun Y Kim, Duta Besar Federasi Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva, Duta Besar Republik Korea Park Taesung, Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji, Duta Besar Australia Penny Williams PSM.

Ada juga Duta Besar Uni Eropa Vincent Piket, Duta Besar Thailand Songphol Sukchan, Duta Besar Maroko Ouadia Benabdellah, Duta Besar Bosnia dan Herzegovina Mehmed Halilovic, dan Duta Besar Arab Saudi Syeh Essam bin Abed Al-Thaqafi.

Rata-rata para duta besar tersebut berharap DPD RI menjadi saluran yang aspiratif bagi masyarakat dalam memperjuangkan kesejahteraan di daerah. Duta Besar Amerika Serikat Sun Y Kim misalnya, selain mengucapkan selamat ulang tahun, ia yakin DPD RI akan menjadi lembaga representatif bagi masyarakat untuk menyalurkan ide dan gagasan mereka. 

"Selamat Hari Ulang Tahun ke-17 untuk DPD RI. Saya yakin DPD RI akan menjadi lembaga representatif dalam menampung dan menyalurkan aspirasi dalam konteks demokrasi," ujarnya. Sebelum  nya, ucapan selamat juga disampaikan Presiden Joko Widodo.  

"Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-17 kepada Ketua, pimpinan dan seluruh anggota DPD RI," kata Presiden.Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dalam sambutannya menegaskan akan terus memperkuat  kelembagaan DPD.

"Meski relatif masih muda, DPD sudah mampu berkontribusi besar bagi daerah dan Indonesia. Untuk itu, perlu penguatan kelembagaan DPD agar kerja-kerja DPD lebih maksimal dalam mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang merupakan tujuan bangsa ini," ucap LaNyalla.

Ditambahkannya, DPD RI akan terus berjuang menjadi saluran aspirasi masyarakat dan stakeholder daerah lainnya"DPD RI adalah lembaga tinggi perwakilan daerah, lembaga negara yang menjadi pemersatu daerah, memperjuangkan kepentingan daerah yang beragam suku, adat istiadat dan budaya," tegasnya.(Nurman/A.S)

Post a Comment

Previous Post Next Post