Hari Jadi Provinsi Sumbar Ke-76 Tahun 1 Oktober 2021,Diharapkan Momentum Untuk Refleksi Bagi Provinsi Sumbar .

Realitakini.com -Sumbar 
Sejarah perjalanan panjang Provinsi Sumatera Barat, baik sebelum maupun setelah ditetapkan 1Oktober 1945 sebagai hari jadinya, telah membawa daerah pada kondisi yang mengalami pasang surut. Menurut banyak kemajuan-kemajuan yang telah di capai dalam peradaban kehidupan masyarakat Sumatera Barat namun tidak sedikit pula kekurangan-kekurangan yang perlu dibenahi bersama, “ujar Supardi, 

Jumat, 1 Oktober 2021. Saat  siding paripurna perayaan hari jadi ke-76 tahun Provinsi Sumatera Barat Diharap kan momentum untuk refleksi bagi Provinsi Sumatera Barat,”ujarnya.

Penetapan 1 Oktober 1945 tentu tidak mengurangi makna dan eksistensi daerah Sumatera Barat, yang telah ada jauh sebelum penetapan hari jadi tersebut. kata Ketua DPRD Sumbar, Supardi,"Sehubungan dengan hal tersebut, saya menyampaikan refleksi kehidupan masyarakat  Sumatera Barat setelah 76 Tahun ditetapkannya Sumatera Barat sebagai satu kesatuan wilayah dalam kerangka NKRI," ulas Supardi saat memimpin Paripurna Istimewa Hari Jadi Sumbar, Jumat (1/10/2021).

Dalam refleksi tersebut Supardi mengatakan, waktu 76 Tahun merupakan waktu yang cukup panjang untuk membangun daerah,banyak sumber daya dan potensi yang dimiliki. Namun, cita-cita untuk mewujudkan masyarakat Sumatera Barat madani, maju sejahtera berbasiskan sumber daya manusia yang agamis, masih belum diwujudkan seutuhnya.

Selain itu, angka kemiskinan masih cukup tinggi berkisar 6,56 %, tingkat pengangguran terbuka sebesar 6,88 % dan indeks daya saing daerah berada pada urutan terbawah di Sumatera, dengan score 0.0208. Menurut Supardi, Sumatera Barat dahulu terkenal sebagai pusat industri 'otak' yang melahirkan SDM berkualitas, dan telah menunjukkan eksistensinya baik di tingkat nasional maupun internasional

Ditambahkannya, banyaknya tokoh-tokoh bangsa yang lahir dari bumi Sumatera Barat, karena adanya sistem pendidikan yang maju yang terintegrasi dengan pembangunan karakter building masyarakat, namun dalam beberapa dekade terakhir ini, pendidikan di Sumatera Barat sudah sudah tertinggal dari daerah di sekitar.

"Sumatera Barat tidak lagi menjadi tempat tujuan orang untuk menuntut ilmu pengetahuan, dan beralih ketempat lain, padahal dulu daerah kita tujuan utama dar seluruh daerah bahkan Asia untuk tempat menuntut ilmu," tegas Supardi.Seiring dengan pernyataan Ketua 

DPRD Sumbar, Sekretaris Komisi 1 DPRD Sumbar, HM. Nurnas mengatakan, pemerintah daerah harus segera melakukan pembenahan untuk kembali pada karakteristik daerah ini.

"Hari jadi Sumatera Barat yang sudah kita tetapkan dengan Perda No.4 tahun 2019, harus menjadi momentum kebangkitan Sunatera Barat, dalam mengembalikan marwahnya sebagai sentra produksi 'otak', yang merupakan penghasil orang-orang pintar dan cerdas, khususnya dalam bernegara," tutur Nurnas.

Rapat paripurna istimewa memperingati hari jadi Sumatera Barat ke-76, dihadiri langsung Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, serta semua komponen, termasuk OPD, dengan mempergunakan prokes ketat. (WRK)

 


Post a Comment

Previous Post Next Post