Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Berlangsung Khidmat

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2021 di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan, Jumat (1/10) berlangsung khidmat.Bertindak selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu, Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Sri Wibowo. 

Sementara pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD, Ermizen dan pembacaan pembukaan UUD 1945, Wakil Ketua DPRD Aprial Habbas. Peserta nampak antusias mengikuti upacara yang terdiri dari berbagai unsur antara lain PNS, TNI dan Polri, ormas dan pelajar. 

Kapolres AKBP Sri Wibowo mengungkapkan, Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memiliki makna penting dalam sejarah perjalanan bangsa. “Kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang mengorbankan harta dan jiwanya demi tegaknya idiologi bangsa dari ancaman musuh," katanya.

Dikatakan, banyak nilai-nilai yang terkendung dalam Pancasila bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, nilai-nilai tersebut hendaknya ditanamkan sejak dini kepada generasi muda atau kader-kader yang akan melanjutkan pembangunan bangsa di masa mendatang.

"Pancasila adalah idiologi bangsa yang harus dipelihara dan dipertahankan. Tidak sampai di situ, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila mesti diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," pintanya.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar berharap agar pengetahuan tentang Pancasila agar diajarkan dengan baik di lembaga pendidikan formal maupun informal atau masyarakat untuk membentuk karakter bangsa yang memiliki idiologi kuat. 

"Mari perkokoh semangat persatuan dan kesatuan menuju bangsa Indonesia yang berkarakter. Kemudian mari kita aplikasikan nilai-nilai luhur Pancasila itu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ajaknya.Kmf/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama