Walikota Solok Buka Diklat Calon Pengawas Sekolah Tingkat Kota Solok

Realitakini.com- Kota  Solok
 
Walikota Solok Zul Elfian Umar membuka secara langsung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Calon Pengawas Sekolah TK, SD, SMP Dinas Pendidikan Kota Solok Tahun 2021, yang bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Solok, Rabu (6/10/2021).

Turut Hadir Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Rosavela Yohariza Dermawan dan Narasumber Suharto Sisar dari Widyaiswara Ahli Madya dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Solo. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Rosavela Yohariza Dermawan, dalam laporannya mengungkapkan tujuan kegiatan tersebut adalah dalam mempersiapkan calon peserta, untuk dapat diangkat menjadi pengawas sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan organisasi. 

Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang peserta tersebut berlangsung dari tanggal 6 Oktober sampai dengan 8 Desember 2021, dengan 4 pola : On–The Jop Training I (6-18 Oktober 2021), In– Service Training I (20-25 Oktober 2021), On–The Jop Training II (26 Oktober sampai 2 Desember 2021), In–Service Training II (5-8 Desember 2021).

Walikota Solok Zul Elfian Umar, dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat dilaksanakan, guna menyiapkan sumber daya pendidikan dalam memperkuat sistem penyelenggaraan pendidikan di Kota Solok. 

"Jadi, keberadaan pengawas ini merupakan salah satu unsur penting, yang turut memberikan warna atas keseluruhan kualitas pendidikan. Terlepas jadi pengawas atau tidak, profesi bapak/ibu yang sekarang ini juga sudah luar biasa," kata Zul Elfian Umar.

Walikota Solok berharap, melalui Diklat ini seluruh peserta calon pengawas dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga pengetahuan dan wawasan yang diperoleh lewat kegiatan ini, dapat menjadi modal utama dalam meningkatkan kompetensi pelaksanaan tugas nanti.

"Melalui kegiatan ini, tentu dapat mempengaruhi mutu sekolah dibawah pengawasan, karena tugas pokok pengawas sekolah adalah melakukan pengawasan, pembinaan, dan penilaian dengan melaksanakan fungsi-fungsi supervisi. Baik supervisi akademik maupun managerial, selain itu bapak/ibu sekalian juga akan menjadi Role Model bagi anak-anak di sekolah," ucapnya. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama