Wawako Solok Tinjau Mata Air Batang Imang Payo


Realitakini.com-Kota Solok
Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, meninjau mata air Batang Imang Payo, sebagai sumber air yang ber potensi mengaliri irigasi per sawahan yang ada di kawasan Kelurahan Tanah Garam Kota Solok, Rabu (13/10/2021).

Turut mendampingi Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra, RW dan RT Payo, serta beberapa perangkat Kelurahan Tanah Garam.

Pada kesempatan itu Wawako Solok mengatakan, mata air Batang Imang yang berada di Alam Bukit Rimbo Payo ini berpotensi untuk mengaliri irigasi per sawahan yang ada di kawasan Tanah Garam. Dimana saat ini sebagian diantara nya masih sawah tadah hujan. 

"Lahan sawah tadah hujan adalah lahan yang memiliki pematang namun tidak dapat diairi dengan ketinggian, dan waktu tertentu secara kontinyu. Oleh karena itu, pengairan lahan sawah tadah hujan sangat ditentukan oleh curah hujan sehingga risiko kekeringan sering terjadi pada daerah tersebut pada musim kemarau," kata Ramadhani Kirana Putra.

Disebutkan Ramadhani Kirana Putra, potensi sumber air, dari mata air Batang Imang Payo tersebut akan dicoba me maksimalkan untuk mengairi sawah-sawah petani di Kelurahan Tanah Garam. Selain itu, Wawako Solok juga akan mengupayakan sumber air ini, agar dapat menambah volume debit air baku di Kota Solok. 

"Pemko Solok bersama PDAM Kota Solok, akan melakukan kajian dan riset lebih lanjut. Semoga dengan ini kebutuhan debit air baku di Kota Solok akan terpenuhi, dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat," tutupnya. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post