Anggota DPRD Provinsi Jefri Masrul Berikan Dukungan Untuk Sukseskan Wisata Ngalau Pangian


Realitakini.com Tanah Datar,                           d -Iven Pesona Ngalau Pangian, Nagari Pangian,  Kecamatan Lintau Buo yang digelar secara hybrid atau virtual sukses digelar pada Kamis (11/11/2021) kemarin. Iven tersebut berhasil terselenggara berkat kerjasama dari berbagai pihak mulai dari Dinas Pariwisata Provinsi, Dinas Parpora Kabupaten Tanahdatar sendiri dan pihak pmerintahan Nagari Pangian dan Kecamatan.

Namun,  dari semua itu,  iven tersebut dapat terselenggara berkat Anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul dari Partai Demokrat yang telah menyalurkan bantuannya untuk menggerakan pariwisata kebanggaan di Lintau Buo dan Tanah Datar secara umum tersebut.

Hal itu dilakukannya sebagai bentuk dukungan sebagai bukti nyata dukungan terhadap kampung halaman.

“Ngalau Pangian merupakan salah satu potensi yang bisa menjadi destinasi wisata andalan, tidak hanya bagi Pangian, tapi juga Tanah Datar, yang nantinya juga bisa berdampak untuk perbaikan ekonomi masyarakat,” ujarnya saat peresmian Iven Festival Pesona Pangian,  Kamis (11/11) kemarin.

Untuk tahun 2022, tambah Jefri, dirinya pun telah menganggarkan melalui dana Pokok Pikiran (Pokir) sebesar Rp150 Juta untuk membangun fasilitas toilet dan infrastruktur lainnya di Ngalau Pangian.

“Semoga dengan dibangun sarana pendukung ke depan, wisatawan berkunjung akan merasa nyaman dan terus berkunjung untuk menikmati keindahan alam di sini,” ujarnya.

Ngalau Indah Pangian sendiri kembali dijadikam sebagai Objek Wisata yang saat ini dikelola oleh Pemerintahan Nagari Pangian melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pesona Pangian sejak akhir tahun 2020 lalu. 

Objek wisata berupa goa atau ngalau itu sebenarnya sudah sejak lama menjadi destinasi kunjungan oleh masyarakat sejak dahulunya. Namun,  sempat vakum beberapa tahun karena akses jalan yang rusak menuju pintu goa.

Saat ini,  pengelola objek wisata alam itu terus berupaya memaksimalkan potensi wisata tersebut dengan membangun spot-spot foto untuk berselfie oleh pengunjung. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang asri,  pengunjung juga dapat menikmati memberi makan ikan yang ada di batang air dilokasi wisata tersebut.

Berbagai dukungan terus mengucur sejak objek wisata itu kembali dikelola. Mulai dari pemerintahan nagari,  ninik mamak, pemilik ulayat,   pemuda,  dan seluruh elemen masyarakat Nagari Pangian khususnya.

Meski begitu,  dalam tahap awal pembangunan yang masih berjalan, masih dibutuhkan infrastruktur pendukung agar spot lebih maksimal hingga mampu memberikan kepuasan bagi pengunjung. 

Dalam iven yang diselenggarakan itu, disuguhkan penampilan dari Selebgram Alvis Devira, Randai, Silat Lintau, Fashion Show, Tari dan juga kuliner hasil UMKM masyarakat. (***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama